Fakta Unik Dibalik Cewek Skater Cadar di Iklan NIKE, Editannya Gokil hingga Kampanye LGBT

Fakta Unik Dibalik Cewek Skater Cadar di Iklan NIKE, Editannya Gokil hingga Kampanye LGBT

Fakta Unik Dibalik Cewek Skater Cadar di Iklan NIKE, Editannya Gokil hingga Kampanye LGBT

Foto: Twitter.com


Nike baru saja mengeluarkan iklan terbarunya yang mengangkat tagline "You Can't Stop Us."

Iklan yang juga menyoroti tentang virus corona ini menjad viral serta mengumpulkan banyak pujian. Netizen sagat mengapresiai pesannya tentang inklusivitas dan ketekunan pada saat olahraga yang hampir terhenti karena pandemi.

Video menyentuh yang menolak rasisme

Video itu menampilkan 2 layar terpisah yang menyatukan cuplikan-cuplikan atlet mulai dari mereka yang berkulit hitam, putih, lelaki, wanita, peyandang disabilitas hingga wanita muslim.

Sangat menyetuh, banyak komentar yang memuji tema keanekaragaman, keadilan sosial dan kolektivisme Nike tersebut.

Video tersebut bahkan sudah disaksikan oleh lebih dari 22 juta kali penayangan sejak diunggah pada Kamis, 30 Juli 2020.

Cuplikan Skater Bercadar

Namun, sebuah cuplikan menyita perhatian banyak orang.

Dipertengahan, Nike menyematkan video wanita bercadar yang tengah melaju dengan skateboardnya. Wanita tersebut nampak lihai melaju di jalan raya.

Ternyata Orang Indonesia

Bikin salah fokus, netizen Indonesia menyadari bahwa lokasi tersebut berada di Jakarta. Beberapa netizen bahkan mengira bahwa wanita bercadar tersebut adalah orang Indonesia.

Mereka menyadari bahwa lokasinya terlihat tampak familiar yakni berada disekitar Halte Dukuh Atas 1, Setiabudi, Jakarta.

Video tugas kuliah

Benar saja, ternyata Nike menyematkan cuplikan dari seorang skater bercadar asal Indonesia. Mereka memasukan keahlian sang wanita dalam kampanye iklan "You Can't Stop Us" tersebut.

Netizen pun menemukan bahwa cuplikannya berasal dari unggahan di kanal YouTube Erika Aurelia yang diunggah pada 4 November 2019 silam.

Video tersebut adalah unggahan tugas kuliah milik Erika Aurelia yang menampilkan kagiatan skaterboard oleh anak-anak muda di Jakarta. Di unggahannya Erika juga menampilkan sesi mewawancara sang sakter bercadar yang hobi dengan olahraga ini sejak SMP.

Kampanye LGBT

Sesuai dengan tema iklan Nike, dua video terpisah itu disatukan dengan adegan yang relevan sehingga membuat mereka berpadu.

Sama-sama menggunakan skateboad, wanita bercadar tersebut disatukan dengan pria dengan tongkat yang mengeluarkan asap berwarna pelangi.

Warna tersebut identik dengan LGBT yang tentu saja dengan sengaja disematkan oleh Nike sebagai kampanye keberagaman.

Alhasil, beberapa netizen menyayangkan bagaimana video skater bercadar tersebut disambungkan dengan kampanye LGBT.

"Dari seorang gadis dengan pakaian jilbab/Muslim untuk seorang pria dengan warna bangga? Aku tidak tahu, bagaimana orang-orang akan memahami hal itu,"

Meski begitu, beberapa ikut mengomentari bahwa hal ini harus dilihat dari sisi oleh raga yang bebad dilakukan oleh siapapun.

"Saya sebagai seorang Muslim, tidak terlalu peduli ... itu adalah kebebasan, olahraga adalah untuk semua orang, tidak peduli siapa Anda dari mana Anda berasal, saya pikir itulah intinya."

Bagaimana menurutmu?




Cewek Skater CadarSkater bercadar di iklan NikeIklan NikeNike You Can't Stop UsOrang Indonesia di Iklan NikeErika Aurelia

Share to: