Busyet, Viral Video Pendaki Party Massal di Savana Propok Gunung Rinjani, Gak Kenal New Normal?

Busyet, Viral Video Pendaki Party Massal di Savana Propok Gunung Rinjani, Gak Kenal New Normal?

Busyet, Viral Video Pendaki Party Massal di Savana Propok Gunung Rinjani, Gak Kenal New Normal?

Viral Video Pendaki Party Massal di Savana Propok Gunung Rinjani (Foto: Instagram)


Belum lama ini, viral video pendaki yang party masal di Savana Propok Gunung Rinjani. Video ini diunggah oleh akun @mountnesia pada Selasa, 4 Agustus 2020. 

Dalam video itu, nampak sekelompok anak muda sedang asyik berdugem di Savana Propok Gunung Rinjani. Mereka berjingkrak-jingkrak sembari bernyanyi dan mengeluarkan penerangan ala dugem di diskotik. 

BACA JUGA: YouTuber Ini Ceritakan Kisah Mistis dan Gagal Muncak Gunung Cikuray, Bikin Merinding

Hal tersebut jelas melanggar peraturan pendakian dan camping di Savanna Propok Gunung Rinjani. Gak cuma itu, mereka juga jelas tak menerapkan aturan physical distancing, padahal pandemi COVID19 belum berakhir. 

Apa yang dilakukan para pemuda itupun langsung mendapat kecaman publik termasuk pengelola Savana Propok, yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bebidas dan pihak TNGR. Tak terkecuali warganet dong. Mereka merasa kecewa karena sudah memberi izin kepada para pendaki, namun pendaki tersebut tak bisa menjaga tingkah lakunya di gunung. 

Apa yang dilakukan para pendaki tersebut jelas salah dan gak etis dilakukan di gunung. Gunung adalah alam bebas yang harus dijaga, bukan sebatas untuk teriak-teriak semata. Para pendaki itu juga meminta izin hanya untuk camping, bukan berdugem bersama.

 

BACA JUGA:  Viral Foto Pendaki Muda Telanjang Sebelum Tewas di Gunung Lawu, Hipotermia?

Karena perbuatannya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bebidas berjanji akan memblakclist nama-nama yang terlibat dalam kejadian itu. Mereka juga terancam tak bisa lagi naik gunung ataupun bukit yang ada di Lombok. 

“Dampak dugem kami tutup sementara yah dan kedepan kami akan terima pengunjung yg btul btul paham etika mendaki. Dengan berbagai pertimbangan, mulai dari hari Sabtu 8 Agustus 2020 sampai batas yang tidak ditentukan, Savana Propok kami tutup kembali,” akun Instagram @savana_propok_lombok.

Perlu diketahui gaes, beberapa pendakian gunung memang sudah dibuka kembali di masa new normal ini. Sayangnya, gunung Rinjani yang menjadi favorit para pendaki belum dibuka untuk pendakian. Meski begitu, para pendaki masih boleh mendaki atau camping di sekitar gunung, yakni Savana Propok. 

BACA JUGA: Viral Pendaki Hilang 30 Jam di Gunung Guntur Garut Ditemukan Tanpa Pakaian, Begini Ceritanya




Para pendaki gunung dugemDugem di Savanna Propok Gunung RinjaniGunung Rinjani buat dugemGunung Rinjani belum dibuka untuk pendakianPendakian Gunung RinjaniViral Video Pendaki Party MassalParty Massal di Savana Propok Gunung Rinjani

Share to: