Biodata Barli Asmara, Lengkap Umur & Agama, Desainer Terkenal Dikabarkan Tutup Usia

Biodata Barli Asmara, Lengkap Umur & Agama, Desainer Terkenal Dikabarkan Tutup Usia

Foto
Barli Asmara (Foto: Instagram)

Nama Barli Asmara tentu tak asing lagi bagi dunia fashion tanah air. Ia adalah sosok designer berbakat dan inovatif yang karyanya sudah banyak dipakai oleh tokoh-tokoh terkenal. Sayangnya, Barli Asmara baru saja dikabarkan tutup usia.

BACA JUGA: Innalillahi, Designer Hebat Barli Asmara Meninggal Dunia

Kabar Barli Asmara meninggal dunia ini tentu saja mengagetkan bagi banyak orang. Pasalnya, baru tiga hari yang lalu Barli sempat mengunggah foto karya terbarunya melalui Instagram pribadinya. Unggahan itupun sontak dibanjiri komentar doa dari sahabat maupun kerabat Barli. 

Perjalanan Barli hingga saat ini bukanlah perjalanan yang pendek. Ia telah melewati banyak tantangan dan rintangan di dunia fashion. Namanya pun kini sudah sangat dikenal di dunia fashion internasional. Mari kita mengenal sosok Barli Asmara lebih dekat dalam ulasan berikut ini. 

1. Keluarga Barli Asmara

Barli adalah bungsu dari tiga bersaudara. Ia lahir di kota Kembang, Bandung saat kandungan ibunya masih menginjak 7 bulan. Dengan bobot hanya 1,5 kilogram, Barli telah menunjukkan pertanda sebagai seorang anak yang tak mudah menyerah.

2. Masa Kecil Barli Asmara

Ada satu hal yang Barli ingat sampai kini ia menjadi seorang designer ternama. Saat ia kecil ia sempat ditanya ia ingin jadi apa? Barli pun sontak menyebut ingin punya baju banyak. 

Barli sempat ditentang oleh ayah dan ibunya karena bercita-cita ingin menjadi fashion designer. Saat itu, sang ayah lebih menginginkan dia menjadi pembalap atau tentara, atau profesi lain yang menonjolkan maskulinitas. 

3. Inspirasi terbesar Barli

Ada sosok yang menginspirasi Barli hingga ia bisa terjun di dunia mode. Sosok itu tak lain adalah neneknya sendiri yang merupakan seorang perias pengantin Sunda dan memiliki sekolah kepribadian. Saat itu Neneknya juga aktif dalam berbagai organisasi kewanitaan.

4. Perjalanan Karir Barli Asmara

Meski terlahir dari keluarga berada, perjalanan karir Barli tak lantas mulus begitu saja. Ia memulai semuanya dari titik nol sambil harus meyakinkan orangtuanya. Dari situlah ia menempuh pendidikan desain interior pada 1996—1998, dilanjutkan dengan studi komunikasi bisnis pada 1998.

Bakat Barli sebagai perancang sebenarnya berawal dari hobinya menggambar. Ia kerap menggambar apapun yang ia lihat sehari-hari, dari mulai wajah orang, rumah, hingga akhirnya ia menemukan passionnya di dunia fashion design. 

Pada 2000, akhirnya mimpi Barli untuk mendirikan label kesampaian. Dia mulai dikenal dengan ciri khas karyanya yang kaya detail manik-manik, mutiara, permata, rumbai, dan bulu serta permainan teknik simpul makrame, sulam, dan bordir.

Jerih payahnya akhirnya terbayar, pada 2008 ia melakukan debutnya di runaway Jakarta Fashion Week (JWF). Dari situlah namanya makin dikenal publik. Beragam penghargaan bergengsi di dunia fashion nasional dan internasional pun terus datang kepadanya.

BACA JUGA: Perjalanan Hidup Sosok Barli Asmara, 20 Tahun Konsisten Berkarya Meski Diterpa Ombak

5. Profil dan Biodata Barli Asmara

Nama Lengkap: Barli Asmara

Tempat, Tanggal Lahir: Banding, 3 Maret 1978 (42 Tahun)

Agama: Islam

Tahun aktif: 2002- sekarang

Label Fashion: Barli Asmara Couture, BARLI by Barli Asmara, BarliAsmara Uniform, B by Barli Asmara, Aaliah Asmara, B Home.

Organisasi yang diikuti: Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI)

Prestasi: Desainer Fashion Terbaik Majalah Dewi, The Best Choice Dewi Fashion Knight, AMICA Young Talent Designer Award, ELLE Designer of the Year, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, Kartika Magazine Best Designer of the Year

Kegiatan Lain: Pembawa acara fashion




Sosok Barli AsmaraMengenal lebih dekat Barli AsmaraBiodata lengkap Barli AsmaraProfil Barli AsmaraPerjalanan Karir Barli AsmaraMasa Kecil Barli AsmaraInspirasi terbesar Barli AsmaraPenghargaan internasional untuk Barli AsmaraKara fashion design Barli Asmara

Share to: