Kisah Perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara, Enggak Nyangka Banget

Kisah Perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara, Enggak Nyangka Banget

Kisah Perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara, Enggak Nyangka Banget

Kisah Perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara, (Foto: YouTube Nadia Omara)


Nadioa Omara balik lagi nih dengan konten serunya. Kali ini Nadia Omara menceritakan kisah perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX. 

Sultan Hamengkubuwono IX merupakan seorang pemimpin daerah Yogyakarta pada masa kolonial. Gak cuma itu, Sultan Hamengkubuwono IX juga ikut membantu Bung Karno dalam mengambil alih kemerdekaan Republik Indonesia pada masanya. 

BACA JUGA: Cara Bunuh dan Kronologi Isabella Guzman Bunuh Ibu dengan Pisau versi Nadia Omara, Serem Abis!

Sebagai generasi muda, kita harus selalu mengenang dan mengingat perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX. Makanya, Nadia Omara tertarik untuk membuat konten yang membahas sejarah kisah perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX. 

Penasaran kan seperti apa kisahnya? Simak yuk kisah perjuangan Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara berikut ini. 

Latar belakang saat kecil

Sejak kecil, Dorojatun atau yang dikenal dengan  Sultan Hamengkubuwono IX dididik dengan cara dititipkan kepada keluarga Belanda. Saat itu, ia dititipkan kepada keluarga Mulder, seorang kepala sekolah NHJJS (Neutrale Hollands Javanesche Jongen School). Jauh dari gelar bangsawan kraton, Ia kemudian sering dipanggil Henkie. 

BACA JUGA: Kisah Horror Lawang Sewu Ala Nadia Omara, Bersejarah Saksi Bisu Pertempuran Kemerdekaan

Tumbuh menjadi seseorang dengan pribadi yang berprinsip

Ia juga dididik sebagai orang biasa, tanpa keistimewaan. Pangeran Dorojatun pun tumbuh menjadi pribadi yang sederhana, disiplin, tangguh, dan mandiri. Sifat-sifat inilah yang menjadi bekal bagi Dorojatun saat menjadi penerus Hamengkubuwono VIII. 

Dorojatun pun juga menjadi seorang yang rajin belajar, bahkan sampai rela pergi ke Belanda. Saat dirinya sibuk belajar hukum dan tata negara di Belanda, tiba-tiba ia mendapat panggilan dari Tanah Air. Ia kemudian diangkat menjadi putra mahkota oleh Sultan Hamengkubuwono VIII sebelum wafat. 

Perdebatan Sultan Hamengkubuwono IX  dengan Belanda

Saat akan menuju tahtanya, Gusti Raden Mas Dorojatun berdebat panjang dengan Belanda demi mempertahankan kedaulatan Ngayogyakarta sebagai kerajaan merdeka. Perundigan ini merupakan perundingan dengan kerajaan lokal dengan Belanda yang paling alot sepanjang sejarah perdebatan Belanda.

Nah itu dia gaes beberapa kisah soal Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omara. Kalau kamu masih penasaran dengan kisah ini, bisa langsung nonton di YouTube Nadia Omara ya gaes. 




Nadia OmaraKonten Nadia OmaraKisah Sultan Hamengkubuwono IXKisah Sultan Hamengkubuwono IX versi Nadia Omarakisah versi Nadia Omara

Share to: