Halal Terjamin Gaes, Pemerintah Libatkan Ulama Cek Vaksin COVID19

Halal Terjamin Gaes, Pemerintah Libatkan Ulama Cek Vaksin COVID19

Halal Terjamin Gaes, Pemerintah Libatkan Ulama Cek Vaksin COVID19

Cek Halal Vaksin COVID19 oleh Pemerintah dan Ulama. Foto: Istana Presiden


Pemerintah melalui Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan keterlibatan Ulama hingga lembaga keagamaan lainnya untuk memastikan kehalalan Vaksin COVID19 gaes.

Seperti kita ketahui, hoaks Vaksin COVID19 ini merebak karena provokatif pihak enggak bertanggung jawab yang menyebut adanya kandungan hewan babi dan sebagainya.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) Rumadi Ahmad menjelaskan, Pemerintah melibatkan berbagai organisasi keagamaan untuk memastikan informasi yang cukup tentang vaksin COVID-19. 

"Pemerintah ingin ada keterbukaan informasi terkait produksi vaksin," tutur Rumadi Ahmad melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis 5 November 2020.

Vaksin adalah upaya ikhtiar untuk mencegah COVID19

Rumadi memaparkan, vaksin merupakan ikhtiar untuk mencegah, bahkan mengobati penyakit. Karena itu, berbagai riset untuk mencari vaksin harus didukung, hal itu pada dasarnya sejalan dengan apa yang diajarkan Rasulullah.

Kata rasul, Likulli da’in dawaa’ atau setiap penyakit pasti ada obatnya Namun obat harus diupayakan dan dicari, tidak datang dengan sendirinya," jelas Rumadi.

Ketua Lajnah Kajian Pengembangan Sumber daya Manusia (LAKPESDAM) NU ini pun yakin, para ulama mempunyai perangkat keilmuan dan juga kearifan untuk tidak menghalangi penggunaan vaksin jika vaksin yang tersedia belum bisa dipastikan kehalalannya. Meski begitu, kata Rumadi, pada prinsipnya segala sesuatu yang masuk dan dikonsumsi umat Islam sangat penting memastikan kehalalan.  

Baca Juga: Tagar #VaksinMerahPutih Trending Topic Twitter Gaes, Simak Faktanya

"Tapi dalam keadaan darurat, jika belum ada obat yang lain, Islam tidak melarang mengonsumsi obat tersebut," tambah Rumadi.

Sesuai dengan hukum Islam mengenai teori Nadhariyat Ad-Darurah

Pernyataan Rumadi merujuk pada hukum Islam mengenai teori darurat atau Nadhariyat Ad-darurah. Ada juga pembahasan tentang rukhsah atau kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT.  Kemudahan itu sebagai jalan bagi umat Islam jika dihadapkan pada situasi yang mengancam jiwa, hal yang sangat dilindungi Islam (Hifz An-nafs). 

"Para ulama Indonesia pasti sangat memahami hal tersebut dan akan memberi panduan yang memudahkan, bukan mempersulit," tutup Rumadi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, vaksin yang tidak berlabel halal bisa digunakan oleh masyarakat, namun harus mendapatkan ketetapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wapres Ma’ruf menyinggung ketika vaksin meningitis pada tahun 2010 tersedia di Indonesia belum mendapatkan sertifikasi kehalalan.

Saat itu, MUI menetapkan keputusan haram terhadap vaksin meningitis buatan Glaxo Smith Kline dari Belgia. 

Seperti (vaksin) meningitis itu ternyata belum ada yang halal, tetapi kalau itu tidak ada atau kalau tidak digunakan vaksin akan timbul kebahayaan akan timbulkan penyakit berkepanjangan, maka bisa digunakan secara darurat,” ujar Wapres Ma'ruf Amin pada pertengahan Oktober lalu.




Kantor Staf PresidenVaksin COVID19Vaksin COVID19 HalalKata Ulama IndonesiaFakta Vaksin COVID19

Share to: