Kilas Fakta Sejarah Museum Peta versi Jurnalrisa, Penuh Haru dan Duka

Kilas Fakta Sejarah Museum Peta versi Jurnalrisa, Penuh Haru dan Duka

Kilas Fakta Sejarah Museum Peta versi Jurnalrisa, Penuh Haru dan Duka

Kilas Fakta Sejarah Museum Peta versi Jurnalrisa (Foto: YouTube/Jurnalrisa)


Tim Jurnalrisa bersama dengan Fachrul kembali dengan konten yang gak gak kalah menarik. Kini mereka melakukan penelusuran sejarah di Museum & Monumen PETA Bogor, Jawa Barat.

Meski gak membahas tentang hal-hal mistis, namun sedikit kilah balik tentang sejarah dan kemerdekaan Indonesia akan dirangkum dalam perjalanan Risa Saraswati dan keluarganya ini.

Buat kamu yang belum tahu Museum Peta ini merupakan bangunan abad ke-18 yang menampilkan artefak & gambar yang mendokumentasikan sejarah militer Indonesia.

Penelusuran di Museum PETA versi Tim Jurnalrisa

Iko menjelaskan bahwa nama PETA berasal dari Pembela Tanah Air yang merupakan sebuah organisasi bentukan atas izin Jepang gaes.

Baca Juga: Hantu Peter CS Ngadu ke Tim Jurnalrisa, Ada Apa?

Hal ini berawal dari keinginan para pemimpin Indonesia yang ingin memiliki tentara sendiri. Akhirnya Jepang mengizinkan hal tersebut di bawah aturan mereka.

Angga mengatakan bahwa Jepang yang pada dasarnya ingin menguasai Tanah Air dengan cara merangkul Indonesia dan mengambil hati semua warganya. Keinginan Indonesia yang ingin bebas dari penjajahan Belanda pun tercium oleh Jepang.

"Orang-orang Jepang ingin melatih orang-orang kita supaya memperkuat pasukannya orang Jepang. Karena pasukan orang Jepang udah kalah telak kan? Jadi mereka harus membentuk prajurit-prajurit baru," kata Angga.

https://kuyou.id/content/images/kilas-fakta-sejarah-museum-peta-versi-jurnalrisa-20201119101033.jpg

Baca Juga: Cerita Kejadian Horor di Jalan Tol yang Terjadi versi Jurnalrisa, Pernah Ngerasain?

Meski begitu, niat utama Jepang yang hendak membentuk pasukan militer ini berjalan dengan lancar dan mereka berhasil menciptakan prajurit.

Hal ini pun menjadi salah satu perjuangan besar Indonesia yang ingin lepas dari Blanda dengan mengikuti orang Jepang.

Bendera dan lambang PETA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PETA termaksud sebuah organisasi bentukan Jepang. Gak heran kalau bendera PETA sangat identik dan memiliki ciri khas Jepang.

Jepang memang dikenal sebagai negara matahari terbit. Oleh karena itu, PETA memiliki lambang bulan dan bintang yang memancarkan sinar seperti matahari terbit gaes.

Sementara itu bulan dan bintang dalam lambang tersebut dibuat dengan unsur-unsur agama untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia agar bergabung bersama PETA.

Baca Juga: Jurnalrisa Klarifikasi GHOSTBUSTOUR 2020, Ini Fakta yang Terjadi Sebenarnya Gaes

Penasaran dengan kilas balik sejarah Tim Jurnalrisa saat berkunjung ke Museum Peta Bogor? Simak video selengkapnya di bawah ini!




Tim JurnalrisaRisa SaraswatiMuseum & Monumen PETAMuseum PETAPenelusuran Jurnalrisa

Share to: