Vaksinasi COVID19 akan Sukses Jika Didukung dengan 3M Gaes

Vaksinasi COVID19 akan Sukses Jika Didukung dengan 3M Gaes

Vaksinasi COVID19 akan Sukses Jika Didukung dengan 3M Gaes

Vaksinasi COVID19 akan Sukses Jika Didukung dengan 3M (Foto: dok. Istimewa)


Pemerintah Indonesia akan merencanakan untuk mengadaan vaksin COVID19 dimana vaksinasi ini akan sukses jika didukung dengan 3M gaes. Saat ini seluruh jajaran petinggi pun sedang mengupayakan agar program tersebut berjalan lancar. 

Untuk kamu ketahui gaes, jika 3M merupakan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Bahkan sampai nanti vaksin COVID19 sudah ada pun kamu tetap harus mengikuti protokol tersebut. 

BACA JUGA: Fix! Pemerintah Resmi Potong Libur Akhir Tahun Gara-gara COVID19, Ini Jadwal Barunya

Salah satu pakar imunisasi bernama dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH. Menjelaskan jika protokol kesehatan dari WHO ini mampu mengurangi resiko penularan COVID19 dan kita akan selalu aman gaes. 

"Kalau kita mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, itu menurunkan risiko penularan hingga 35%. Kalau kita menggunakan masker biasa yang tiga lapis, akan mampu menurunkan risiko penularan hingga 45%, kalau kita menggunakan masker bedah yang warnanya hijau atau biru menurunkan risiko penularan hingga 70%, dan kalau kita menjaga jarak aman, akan menurunkan risiko penularan hingga 85%." ujarnya Elizabeth.

Ternyata gaes pernyataan dari dr. Elizaberth juga didukung tenaga kesehatan lainnya seperti Lia Gustina AMD.Kep salah satu relawan tenaga kesehatan yang sudah bertugas sejak April di Rumah Sakit Darurat COVID19. 

BACA JUGA: Biodata Anies Baswedan, Lengkap Umur dan Agama, Gubernur DKI Jakarta COVID19

"Saya berharap kepada masyarakat, untuk tetap menjaga protokol Kesehatan 3M dan tidak berkerumun meski ada vaksin nantinya. Tetap mendukung kami yang ada di garda terdepan” kata Lia

Vaksin yang akan diproduksi untuk masyarakat tidak banyak gaes. Maka dari itu kamu harus tetap melakukan protokol kesehatan 3M. Bahkan setelah di vaksin pun tetap harus menjaga kesehatan karena resiko tertular masih bisa terkena. 

Program vaksinasi dan antusias masyarakat

Pemerintah sendiri akan memberi aturan mengenai program vaksinasi COVID19 tersebut gaes. Mulai dari yang bertugas untuk memberikan sampai dengan siapa yang harus diberikan vaksin tersebut. 

Ternyata masyarakat juga sangat antusias dalam menyambut vaksin dari COVID19 ini. Menurut Lia Gustina yang mewakili orang-orang di Wisma Atlet, berharap agar pandemi ini segera berakhir gaes. 

“Mewakili temanteman di Wisma Atlet ini, saya sangat mendukung dan berharap pandemi ini akan segera berakhir, dan untuk kebaikan rakyat Indonesia semua. Saya berharap agar segera diadakan vaksinasi agar kami juga tenaga kesehatan bisa terus menolong masyarakat yang terpapar COVID19" ujarnya 

Pemerinta pun juga sudah membuat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam rangka mempercepat pemulihan perekonomian, trasformasi ekonomi nasional, serta penanganan COVID19 itu sendiri. 

Setelah ini kita hanya tinggal menunggu masalah vaksin COVID19 tersebut. Buat kamu yang sudah tidak sabar agar pandemi ini segera berakhir kamu harus ikut dukung pemerintah ya gaes untuk melakukan protokol kesehatan agar semua kembali normal. 

BACA JUGA: Biodata Said Aqiel Siradj, Lengkap Umur dan Agama, Pengurus Besar NU Terserang COVID19




vaksin covid19covid19program vaksinvaksin indonesiaprotokol kesehatanprotokol 3m

Share to: