Fakta-fakta Isu PAMUNGKAS Curi Artwork untuk Cover dan Merchandise, Sudah Klarifikasi?

Fakta-fakta Isu PAMUNGKAS Curi Artwork untuk Cover dan Merchandise, Sudah Klarifikasi?

Fakta-fakta Isu PAMUNGKAS Curi Artwork untuk Cover dan Merchandise, Sudah Klarifikasi?

Kolase foto Pamungkas, fakta isu curi artwork untuk cover (Foto: Instagram @pamunqkas)


Nama musisi Pamungkas baru-baru ini menjadi perhatian netizen karena disebut-sebut mencuri gambar dari seorang seniman untuk cover dan merchandise.

Seperti yang kita ketahui, Pamungkas kembali merilis Solipism 0.2 setelah sukses dengan album Solipsism yang dirilis pada Juni 2020 lalu.

Solipsism 0.2 ini baru saja dirilis pada 3 Februari 2021 kemarin gaes. Sayangnya netizen menemukan sesuatu yang aneh di cover album tersebut yang cukup mencolok. 

Solipsism 0.2 Pamungkas

Sejak pertengahan Januari 2021, Pamungkas sudah memberikan cuplikan tentang album barunya tersebut. 

Baca Juga: Siap-siap! Pamungkas Bakal Rilis Solipsism 0.2 Februari 2021, Simak Bocorannya Gaes

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, pria 27 tahun ini pamerkan potretnya dengan kacamata bermotif abstrak dan penuh warna. 

Album ini hadir dalam 12 judul lagu yang isinya mencakup beberapa lagu di album sebelumnya, SOLIPSISM. Hanya saja urutan lagu dalam album Solipsism 0.2 berbeda dari sebelumnya. Selain itu, ada tambahan satu track yang ia beri judul Hello (Voice Memo). 

Netizen Temukan Desain Asli dari Kacamata Pamungkas di Solipsism 0.2 

Kabar ini mulai mencuat saat seorang netizen dengan akun Twitter @m3gumiii menemukan bahwa kacamata yang digunakan Pamungkas dalam cover album barunya tersebut mirip dengan hasil karya seseorang.

Siapa yang menyangka kalau ternyata gambar tersebut sangat mirip dengan hasil karya dari Baptiste Virot sosok dibalik akun Inatagram @b_virot.

Diketahui bahwa Baptiste Virot telah menghasilkan banyak sekali komik dan mengoprasikan perusahaan penerbitan Perancis-Korea Animal Press bersama sang kekasih, Jinhee Han.

Sosok yang cukup terkenal di dunia seni, gak heran kalau netizen dengan cepat menemukan gambar yang sama dalam kacamata Pamungkas meskipun hanya potongan-potongan kecil.

Gak hanya satu, terlihat bahwa Pamungkan mengambil beberapa gambar milik Baptiste Virot dan disatukan dalam kolase untuk cover dan merchandisenya tersebut.

Baca Juga: Fakta Viral Shopee Pakai Strategi Marketing Dating App untuk Gaet Customer Wanita, Penyebab #UninstallShopee

Beberapa foto yang sudah diunggahnya sebelum kabar ini mencuat pun kini sudah di hapus dari laman Instagramnya gaes.

Pamungkas Berikan Klarifikasi

Setelah kabar tersebut mencuat, Pamungkas oun memberikan klarifikasi bahwa dia sudah berbicara secara langsung dengan pemilik karya, Baptiste Virot.

Dia mengaku bahwa penggunaan gambar hasil karya Baptiste Virot tersebut dilakukan secara legal dengan membeli hak cipta gaes. Dia juga mengatakan bahwa semuanya sudah dalam kesepakatan yang semestinya.

Meski begitu, dia mengakui bahwa kejadian pengambilan gambar tersebut adalah kelalaiannya.

"Saya meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi karena kelalaian saya," kata Pamungkas lewat sebuah video yang diunggah di Instagram @maspam.records pada 3 Februari 2021.

Dia juga berterima kasih atas pengertian dan perinagatan yang diberikan kepadanya atas kelalaian tersebut.

"Saya sangat bersyukur kejadian ini terjadi. Saya jadi belajar untuk bisa lebih menikmati prosesnya. Sekali lagi terimakasih, mohon maaf," ungkap pamungkas.




PamungkasPamungkas SolipsismSolipsism Curi gambarSolipsism 0.2Baptiste VirotKarya Baptiste VirotGambar Baptiste Virot

Share to: