Kesamaan Kozuki Oden dengan Gus Dur yang Layak Jadi Panutan Nih Gaes

Kesamaan Kozuki Oden dengan Gus Dur yang Layak Jadi Panutan Nih Gaes

Kesamaan Kozuki Oden dengan Gus Dur yang Layak Jadi Panutan Nih Gaes

Kolase Foto Kozuki Oden yang Punya Kesamaan Gus Dur (Foto: dok. Istimewa)


Salah satu hal yang ternyata bikin kaget para penggemar dari One Piece sendiri adalah Kozuki Oden yang ternyata punya kesamaan dengan Gus Dur gaes. Bagaimana ceritanya? Yuk cek dibawah ini ya. 

Salah satu manga yang sudah mencapai chapter 1.000 ini justru menjadi semakin menarik untuk diikuti gaes. Setiap hari, ceritanya selalu menarik dan bisa bikin imajinasi pembaca lebih tinggi lho. 

BACA JUGA: SPOILER ALERT! One Piece 1005+1006: Prediksi Sosok Masa Lalu yang Datang Membantu dan Aokiji Muncul di Wano?

Bahkan semakin hari, karakter yang diciptakan oleh Oda semakin mendekati para figur yang ada di dunia nyata gaes. Salah satu yang paling terlihat jelas untuk saat ini adalah Kozuki Oden gaes. 

Pria yang menggunakan samurai ini justru digadang-gadang oleh netizen sendiri mempunyai kemiripan dengan mantan presiden di Indonesia bernama Gus Dur lho. Hanya saja realita yang dihadapi sangatlah berbeda. 

Kemiripan antara Kozuki Oden dan Gus Dur

Jika Gus Dur sendiri merupakan sosok yang sangat disegani karena toleransinya yang tinggi, Kozuki Oden pun sama gaes. Dirinya sangat lah disukai karena dia pelindung kaum marjinal. 

BACA JUGA: SPOILER One Piece 1005+1006: Aokiji Muncul di Wano dan Whos Who Agen CP0, Petunjuk dari Oda Langsung!

Kozuki Oden sendiri berasal dari kaum marjinal yanag anggotanya kebanyakan adalah seorang Ronin, gelandangan, dan juga sampah masyarakat. Anggotanya mengabdikan hidup mereka karena berutang budi dengan Akazaya Nine ini gaes. 

Tidak hanya dari sisi kemanusiaan, Kozuki Oden pun mempunyai sebuah pendiran yang kuat. Hal ini sama seperti Gus Dur yang pernah mengatakan jika kalian benar, maka lanjutkan. Prinsip hidup ini pun dipegang oleh Akazaya Nine. 

"Kalau ingin melakukan perubahan, jangan tunduk terhadap kenyataan. Asalkan kau yakin di jalan yang benar, maka lanjutkan." kutipan dari Gus Dur. 

Memang Kozuki Oden sendiri justru selalu melakukan tindakan yang sangat heroik, namun hal tersebut justru dikemas dengan tingkah lakunya yang konyol. Tapi apa yang dilakukannya tersebut justru untuk kebenaran gaes. 

Terakhir dari kesamaan Kozuki Oden yang mirip banget dengan Gus Dur adalah dimana dirinya selalu rela berkorban untuk kepentingan orang banyak. Bahkan mereka berdua adalah korban dari politik gaes. 

Kozuki Oden sendiri sebagai pewaris tahta dari Shogun Wanokuni yang sah, rela berkorban dan berani untuk mengambil langkah dieksekusi mati karena menentang kudeta yang dilakukan Shogun Kurozumi Orochi. 

BACA JUGA: SPOILER One Piece 1005: Kekuatan Zoro Membalikkan Keadaan Perang vs Kaido

Itu dia gaes kesamaan dari Kozuki Oden dan juga Gus Dur yang bisa kamu jadikan panutan. Ternyata untuk belajar masalah kehidupan, tidak harus melalui contoh nyata. Bahkan karakter dari komik pun bisa kamu jadikan contoh.  




gus durkozuki odenkesamaan kozuki oden dan gus durkozuki oden dan gus durone piece

Share to: