Arti Kata dan Makna ISTG Bahasa Gen Z yang Sering Muncul, Lengkap Cara Penggunaannya Gaes

Arti Kata dan Makna ISTG Bahasa Gen Z yang Sering Muncul, Lengkap Cara Penggunaannya Gaes

Arti Kata dan Makna ISTG Bahasa Gen Z yang Sering Muncul, Lengkap Cara Penggunaannya Gaes

Apa itu ISTG, informasi seputar arti kata (Sumber Foto: Pixabay)


Mungkin kamu pernah mendengar kata ISTG, kata ini sering kali diucapkan oleh para Gen Z dengan lantang dalam bahasa sehari-hari lho gaes. ISTG adalah singkatan dari "I Swear To God" yang artinya "Aku bersumpah kepada Tuhan".

Kata ISTG ini sangat mirip dengan akronim OMG yang merupakan singkatan dari "Oh My God" dan sangat populer, bahkan sudah mendominasi web sosial media selama bertahun-tahun lho gaes.

BACA JUGA: Arti dan Makna Gelay yang Viral Nissa Sabyan Ucapkan di Video bareng Ayus Sabyan

Jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai arti dan makna kata ISTG serta bagaimana cara penggunaan katanya, berikut Tim KUYOU.id sudah merangkum pengertian kata ISTG lengkap dengan contohnya untuk kamu. 

Apa Itu ISTG? 

ISTG merupakan salah satu akronim online yang nggak hanya sulit ditebak, tapi juga sangat jarang digunakan oleh kebanyakan orang. 

Kamu akan bisa memahami cara untuk menafsirkannya kalau kamu menemukannya secara online atau dalam teks, bagaimanapun kata ini bisa membawa makna baru pada pesan atau percakapan kamu gaes. 

Cara Menggunakan ISTG

ISTG digunakan dalam berbagai cara untuk mengekspresikan ketulusan emosional gaes. Beberapa cara paling umum untuk menggunakan ISTG adalah untuk mengkomunikasikan kepastian saat menghadapi skeptisisme. Misalnya nih ketika seseorang tidak mempercayai kamu tentang sesuatu yang kamu tahu itu adalah benar, menggunakan kata ISTG mungkin meyakinkan mereka bahwa kamu mengatakan yang sebenarnya gaes.

BACA JUGA: Makna Chauvinisme dalam Anime Attack On Titan, Kalian Sadar Gak Sih?

Setelah itu, berjanjilah untuk mengubah tindakan atau perilaku. Jika orang lain memiliki alasan untuk tidak percaya bahwa kamu bisa mengubah sesuatu tentang diri sendiri, kamu bisa menggunakan kata ISTG sebagai cara untuk berjanji bahwa kamu serius untuk berubah gaes.

Cara Lain Menggunakan ISTG

Selain itu, membuat ancaman tampak lebih menakutkan. Jika kamu ingin seseorang berhenti melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai, kamu mungkin bisa melakukannya hanya dengan menggunakan ISTG untuk mengancam tindakan agresifnya gaes.

ISTG juga bisa digunakan sebagai kata seru umum. Dalam percakapan di mana ada sesuatu yang bertentangan dengan apa yang diyakini seseorang dengan baik atau bisa diterima, ISTG dapat digunakan sebagai seruan tiba-tiba yang mirip dengan JFC atau WTF untuk tujuan mengekspresikan emosi gaes.

Contoh Penggunaan ISTG 

Contoh penggunaan ISTG bisa kita lihat pada percakapan berikut ya gaes.

AA : "Kamu yakin esainya sudah jatuh tempo besok? Kupikir kita punya waktu sampai hari Jumat!"

BB : "ISTG! Aku yakin waktunya besok!! Sasa sudah mengingatkan kita di kelas hari ini!!!"

Nah, dalam contoh di atas, AA tidak mempercayai fakta yang dikemukakan oleh BB, sehingga BB menggunakan ISTG untuk mengomunikasikan kepastian dan keseriusan mereka tentang fakta dari pembahasan tersebut gaes.

Waktu Tidak Tepat Menggunakan ISTG

Akronim ISTG biasanya tidak tepat untuk digunakan dalam percakapan profesional atau percakapan di mana kamu ingin tetap menghormati orang lain ya gaes.

BACA JUGA: Arti dan Makna Singkatan IKR yang Sering Dipakai Gen Z, Lengkap Contohnya Nih

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan ISTG saat berbicara dengan siapa pun yang sangat religius atau spiritual. Hal ini dilakukan untuk menghormati keyakinan mereka. Mereka mungkin akan tersinggung dengan ekspresi seperti ini gaes. Jadi, kamu nggak boleh sembarangkan menggunakan akronim ini di waktu yang sudah disebutkan tadi ya gaes. 

Nah, itu dia arti kata dan makna dari ISTG bahasa Gen Z yang sering muncul belakangan ini lengkap dengan cara penggunaanya dan contohnya gaes. (Olivia Victoria Simanjuntak) 




ISTGapa itu ISTGarti ISTGISTG adalaharti kataarti kata ISTGmakna ISTGcara penggunaan ISTGcontoh kata ISTGISTG bahasa gen z

Share to: