Wajib Tahu, Ini Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Wajib Tahu, Ini Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Wajib Tahu, Ini Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 (Foto: Pixabay)


Yuk simak tips dan cara menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi Covid-19 yang wajib banget kamu tahu nih gaes.

Melonjaknya angka positif dan kematian akibat Covid-19, membuat pemerintah kembali menerapkan PPKM Darurat yang dimulai pada tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. 

Oleh karena itu, semua aktivitas perkantoran, mall, dan tempat wisata lainnya terpaksa kembali di tutup dan pekerja kantoran diwajibkan WFH gaes. 

Karena meningkatnya angka positif dan kematian akibat Covid-19 ini, kita senantiasa harus meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan mental di masa pandemi agar terhindar dari terpaparnya Covid-19

BACA JUGA: Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran Supaya Timbangan Normal Lagi

Lalu bagaimana caranya? Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips dan cara menjaga kesehatan tubuh di masa pendemi yang wajib banget kamu tahu gaes. Apa itu? Yuk simak tips dan caranya berikut ini.

Batasi Waktu Melihat Layar Laptop atau Komputer

Selama pandemi berlangsung, berkerja secara WFH dan sekolah secara online merupakan hal yang biasa ditemui. Oleh karena itu,  melihat layar laptop atau komputer maupun ponsel akan lebih sering terjadi.

Namun jika dilakukan tanpa memperhatikan batas waktunya juga tidak baik untuk kesehatan mata gaes. Maka dari itu, tips menjaga kesehatan mata untuk mencegah Computer Vision Syndrome (CVS) selama masa pandemi ini adalah dengan menerapkan rumus 20-20-20, yang berarti istirahatkan mata setelah menatap layar setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat objek yang terletak sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter gaes.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Selama PPKM Darurat diberlakukan, sebagian besar orang akan menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. 

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama di rumah kamu bisa menghabiskan waktu luang kamu dengan melakukan olahraga rutin nih gaes.

Lakukan olahraga dengan intensitas sedang dengan total 150 menit dalam seminggu atau sekitar 20 menit setiap harinya.

Luangkan Waktu Berkomunikasi dengan Orang Lain

Selama kita berada di rumah atau 'stay at home' biasanya akan menyebabkan hilangnya waktu untuk berkomunikasi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain. Mungkin bagi sebagian orang, hal bisa menimbulkan stress.

BACA JUGA: Daftar Vitamin Terbaik yang Cocok Saat Pandemi Covid19, Murah dan Mudah Gaes!

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan mental kamu, luangkanlah waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel, pesan suara ataupun video call gaes.

Tidur Tepat Waktu

Tips menjaga kesehatan di masa pandemi berikutnya adalah dengan cara mempraktekkan kebiasaaan tidur tepat waktu gaes.

Pasalnya, kebiasaan tidur yang baik dan teratur merupakan salah satu tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Waktu tidur yang dianjurkan adalah 8 hingga 9 jam dalam sehari dengan jam tidur dan jam bangun yang sama setiap harinya gaes.

Rutin Memakai Pelembab di Tangan

Menerapkan kebiasaan bersih seperti rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer merupakan salah salah satu tips menjaga kesehatan di masa pandemi. 

Namun, mencuci tangan yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering lho. Kulit kering dan pecah-pecah bisa menimbulkan bakteri lain masuk ke dalam tubuh.

Maka dari itu, jika kamu sudah mencuci tangan gunakanlah pelembab di tangan gaes. Pasalnya, pelembab bisa mencegah dan mengatasi kulit kering. 

Jadi, kalau kulit kamu menjadi kering setelah menggunakan hand sanitizer, segeralah gunakan pelembab setelah hand sanitizer mengering gaes.

Terapkan Pola Makan Sehat

Penerapan pola makan sehat sangat penting selama masa pandemi Covid-19. Meski tidak ada makanan atau suplemen makanan yang bisa secara langsung mencegah atau menyembuhkan infeksi Covid-19, pola makan sehat sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh gaes.

Tips untuk menjaga kekebalan tubuh dan penerapan pola makan sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan berjenis sayur dan buah, kurangi mengkonsumsi garam, kurangi konsumsi lemak dan minyak, kurangi jumlah gula yang dikonsumsi, dan minum air putih yang cukup setiap hari.

BACA JUGA: Tips dan Cara Hilangkan Kecanduan Game Online untuk Anak

Nah, itu dia gaes beberapa tips dan cara menjaga kesehatan tubuh di masa pendemi Covid-19 yang wajib banget kamu tahu. Semoga bermanfaat~




Tips dan Cara Menjaga KesehatanTips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19Cara Menjaga KesehatanPandemi Covid-19PPKM DaruratCovid-19

Share to: