Video Lengkap Mensos Risma Minta Seorang Anak Tuli Berbicara di Depan Umum, Trending Banjir Kritikan

Video Lengkap Mensos Risma Minta Seorang Anak Tuli Berbicara di Depan Umum, Trending Banjir Kritikan

Video Lengkap Mensos Risma Minta Seorang Anak Tuli Berbicara di Depan Umum, Trending Banjir Kritikan

Kolase foto Video Lengkap Mensos Risma Minta Seorang Anak Tuli Berbicara di Depan Umum, Trending di Twitter (Foto: Twitter @AREAJULID)


Mensos Risma kembali jadi sorotan setelah meminta anak tuli bebicara di depan umum. Berikut video lengkap Mensos Risma meminta anak tuli berbicara di depan umum. 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang kerap disapa Mensos Risma menuai kritik setelah meminta anak tuli berbicara di depan umum. Bahkan, nama Bu Risma pun sempat trending di Twitter.

Hal tersebut terjadi pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 pada 1 Desember 2021 lalu. Aksi Mensos Risma tersebut terekam dalam sebuah video berdurasi singkat.

Video yang menampakkan Mensos Risma tengah berusaha meminta seorang anak tuli berbicara tersebut pun hingga kini sudah ditonton lebih dari 293 ribu kali di Twitter. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Video Viral Mensos Risma Paksa Penyandang Tuli Berbicara, Ini Alasannya

Video lengkap mensos Risma

Dalam video berdurasi singkat yang viral di sosial media, Mensos Risma mengungkap alasannya memaksa salah seorang anak tunarungu bernama Stefansus di atas panggung. 

"Kenapa ibu paksa kalian untuk bicara, ibu paksa memang, supaya kita bisa memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata, telinga. Tapi saya berharap kita semua bisa mencobanya," ungkap Mensos Risma pada 1 Desember 2021.  

Sebelumnya, Stefansus sempat menjelaskan secara detail bahwa anak tuli harus menggunakan alat bantu dengar dan tak musti harus dipaksa berbicara. 

Pasalnya, anak tuli memiliki karakter yang beragam. Seperti ada anak yang berbicara tak jelas karena tuli sejak kecil. Tak cuma itu, kemampuan bahasa isyarat anak tuli pun cukup beragam. 

"Saya mau bicara dengan ibu sebelumnya, bahwasanya anak tuli itu memang harus menggunakan alat bantu dengar, tapi tidak untuk dipaksa berbicara," ungkap Stefan melalui juru bicara bahasa isyarat Kemensoso pada Rabu, 1 Desember 2021. 

BACA JUGA: Fakta Lengkap Kenapa Menteri Baru Jokowi Pakai Jaket Biru, Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno Gaes

Komentar netizen

Aksi Mensos Risma itu pun menuai beragam komentar hingga kritik dari netizen. Beberapa diantaranya menyayangkan aksi Risma yang dinilai tak paham memperlakukan orang-orang dengan kebutuhan khusus (Disabilitas). 

"Indonesia memang belum ramah difabel, sekelas menteri pun gak faham bagaimana memperlakukan orang-orang dengan kebutuhan khusus (disabilitas). Tuhan menciptakan mereka berbeda adalah agar kita sebagai manusia normal belajar memanusiakan manusia apapun kekurangannya," kata seorang netizen. 

"Ya kalo bisa memaksimalkan apa yang dikasih mereka juga gabakalan gitu kali bu, hshshsh," kata netizen lainnya. 

"Ini si ibu maksudnya misal si anak punya pendapat atau ide gt, ya berani menyuarakan aja walaupun ada kekurangan jd si ibu memaksakan para disailitas utk terus 'bersuara' gitu? Apa gimana sih?" tanya netizen. 

Karena aksinya tersebut, kata kunci Bu Risma pun sempat jadi trending topic di Twitter. Hingga kini sudah ada 3000 lebih cuitan yang menggunakan kata kunci Bu Risma. 

BACA JUGA: Biodata Tri Rismaharini, Lengkap Umur dan Agama, Menteri Sosial RI yang Baru Gaes

Itu dia video lengkap Mensos Risma meminta anak tuli berbicara di depan umum. Aksinya tersebut banjir kritik netizen hingga trending di Twitter. 




Mensos RismaTri RismahariniAnak Tuli Bicara Depan UmumFakta Risma paksa penyandang tuli berbicaraAlasan Risma paksa penyandang tuli berbicaraMensosTri RismahariniRisma paksa penyandang disabilitas berbicaraPenyandang tuli dipaksa berbicaraPenyandang disabilitas dipaksa berbicaraHari Disabilitas InternasionalVideo Mensos RismaVideo Lengkap Mensos RismaRisma Minta Anak Tuli Bicara

Share to: