Arti Kata dan Makna Spirit Doll, Viral di Sosmed Karena Ivan Gunawan?

Arti Kata dan Makna Spirit Doll, Viral di Sosmed Karena Ivan Gunawan?

Arti Kata dan Makna Spirit Doll, Viral di Sosmed Karena Ivan Gunawan?

Kolase foto Spirit Doll, Viral di Sosmed Karena Ivan Gunawan? (Foto: Instagram @ivan_gunawan)


Ini dia arti kata dan makna Spirit Doll yang viral di sosmed karena Ivan Gunawan. 

Spirit Doll atau yang juga dikenal sebagai boneka arwah adalah boneka tempat bagi roh roh kuat untuk berbagai tujuan. Spirit Doll sudah dikenal sejak zaman dahulu. 

Dulu, Spirit Doll ini bisa berbentuk sebagai patung tokoh suci, leluhur, malaikat, hingga dewa dan dewi. 

BACA JUGA: Jadikan Boneka Sebagai Anak, Ivan Gunawan Bantah Disebut Memuja Setan: Aku Udah Terkenal

Belakangan, Spirit Doll kembali viral karena Ivan Gunawan mengadopsinya dan merawatnya. Terdapat dua Spirit Doll yang ia rawat berbentuk seperti bayi. 

Arti kata dan makna Spirit Doll

Spirit Doll memiliki arti sebagai boneka yang berkaitan erat dengan hal-hal spiritual dan keagamaan. Mereka seolah-olah dimasuki oleh arwah, baik arwah bayi maupun anak kecil. 

Menurut Julia Inglis, Spirit Doll menjadi cermin atau wadah untuk mengekspresikan diri. Tak heran, Spirit Doll ini dijadikan seperti teman. 

"Boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke diri kamu yang mungkin tidak bisa kamu ekspresikan. Ia adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang kamu habiskan dengan teman ini semakin kamu mencintai mereka. Mungkin kamu mulai menceritakan rahasia yang kamu simpan di hati dan tak bisa dibagikan kepada orang lain," ungkap Julia Inglis dalam Sacred Familiar.

Spirit Doll yang kini populer adalah boneka berbentu seperti bayi atau anak kecil. Tak heran, boneka-boneka arwah ini juga dirawat seperti bayi. 

BACA JUGA: Ini Sejumlah Perawatan Ivan Gunawan Kepada dua Bayi Bonekanya, Bantah Berhalusinasi

Viral karena Ivan Gunawan

Spirit Doll ini mulai populer dan viral karena Ivan Gunawan yang mengadopsi dan merawat dua Spirit Doll. Ia menamainya Baby Miracle dan Marvel. Ia rutin mengganti pakaian Spirit Doll ini. 

Tak hanya itu, desainer kenamaan ini juga kerap mengunggah momen kebersamaannya dengan dua Spirit Doll melalui Instagram pribadinya. 

Sebelumnya, tren Spirit Doll ini juga dipopulerkan oleh seorang konten kreator bernama Fury Harun. Ia telah mengadopsi dan merawat ratusan boneka arwah lho gaes. 

Spirit Doll kini makin populer setelah beberapa selebriti berbondong-bondong mengadopsi dan merawat Spirit Doll. Diantaranya seperti Celine Evangelista, Soimah, Sarwendah, hingga Nora Alexandra. 

BACA JUGA: Disebut Bisa Bawa Keuntungan, Apa Itu Spirit Doll yang Viral Karena Ivan Gunawan?

Sementara itu, adanya tren Spirit Doll ini membuat pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut bersuara. MUI mengimbau agar umat Islam tak terlalu berlebihan memperlakukan Spirit Doll. 

"Kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah, hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik, tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin," ungkap Ketua MUI, Cholil Nafis dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 3 Januari 2022.




Spirit DollArti kata Spirit Dollmakna Spirit Dollarti kata dan makna Spirit Dollapa itu Spirit DollSpirit Doll bawa keuntunganSpirit Doll bawa keberuntunganviral Spirit DollIvan GunawanSpirit Doll Ivan Gunawan

Share to: