Fakta-fakta Dassault Rafale Lengkap Harga dan Spesifikasi, Pesawat Tempur Prancis Diborong Prabowo

Fakta-fakta Dassault Rafale Lengkap Harga dan Spesifikasi, Pesawat Tempur Prancis Diborong Prabowo

Foto

Dassault Rafale, pesawat tempur Prancis yang diborong menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Berbagai Sumber)


Fakta menarik Dassault Rafale, pesawat tempur Prancis yang diborong menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Prabowo Subianto resmi menandatangani kontrak pembelian awal 6 pesawat tempur Dassault Rafale buatan Prancis. Pembelian ini sebagai bentuk penambahan alutsista TNI yang dianggap sudah tua.

Ada 36 pesawat Dassault Rafale lagi yang akan diborong Prabowo Subianto ke Indonesia sehingga total menjadi 42 unit.

Jet Rafale adalah pesawat tempur keempat termahal dunia, posisi pertama ada Lockheed Martin F-35B, kedua Eurofighter Typhoon dan ketiga pesawat F-35C.

Baca Juga: Yakin Dongkrak Branding Indonesia dengan MotoGP Mandalika, Erick Thohir Siapkan Homestay Lokal Untuk Turis Gaes!

Berikut fakta-fakta Dassault Rafale, pesawat tempur prancis yang di beli Prabowo. di rangkum dari berbagai sumber:

1. Harga 1 Unit Pesawat Tempur Dassault Rafale

Informasi yang dihimpun, harga satu unit pesawat tempur Dassault Rafale diperkirakan mencapai USD 115 juta atau Rp 1,64 triliun dengan kurs USD 1 = Rp 14.333.

Sementara untuk ongkos terbang per unit dalam hitungan per jam senilai USD 16.500 atau sekitar Rp 236,5 juta dengan kurs yang sama.

Jika Kemhan akan mendatangkan 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale, maka perkiraan dana yang harus dikeluarkan Indonesia senilai Rp 68,8 triliun.

2. Spesifikasi Pesawat Tempur Dassault Rafale

Menurut beberapa sumber, pesawat tempur Dassault Rafale ini memiliki panjang sayap selebar 10,90 meter. Untuk tinggi pesawat sekitar 5,30 meter. Sementara untuk panjang badan jet sepanjang 15,30 meter.

Untuk bobot lepas landas mencapai 24,5 ton. Jarak radius tempurnya mencapai 1.850 km dan daya jelajahnya 3.700 km.

Pesawat jet ini juga dilengkapi persenjataan seperti rudal udara ASRAAM and AMRAAM, rudal darat Apache, serta rudal anti kapal Exocet/AM39, HARM, ALARM, Maverick, AS30L, Penguin 3, Sidewinder, Harpoon dan MICA.

3. Kecanggihan Pesawat Tempur Dassault Rafale

Dassault Rafale didesain bersayap delta dipadukan dengan kanard aktif terintegrasi untuk memaksimalkan kemampuan manuver (+9 g atau -3 g) untuk kestabilan terbang. Maksimal, 11 g dapat diraih jika dalam keadaan darurat. Kanard juga mengurangi laju pendaratan hingga 115 knot.

Dari sisi elektronik, pesawat ini dilengkapi sistem Thales RBE2 berjenis passive electronically scanned array (PESA). Oleh pabrikannya, Thales, alat ini bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap jet tempur lainnya dan dapat mendeteksi secara cepat serta mampu melacak berbagai target dalam pertempuran jarak dekat.

Baca Juga: Fakta Isa Elfasya, Viral Kekerasan Hubungan Toksik, Sempat Tergabung MV "Belenggu", Kisahkan Kekerasan Wanita

Sebagai pelengkap, sistem radar juga dilengkapi RBE2 AA, berupa active electronically scanned array (AESA. Alat ini memiliki kemampuan deteksi hingga 200 km. Radar ini diklaim sangat andal dalam mendeteksi lawan dan mengurangi perawatan dibandingkan jenis sebelumnya.

Selain menyerang musuh di udara, Rafale juga mampu menarget musuh-musuh di darat dengan peralatan mereka bernama alat intai Thales Optronics’s Reco New Generation dan Damocles electro-optical. Secara bersamaan, kedua alat ini memberikan informasi mengenai posisi target, membuka misi pengintaian dan telah terintegrasi dengan sistem IMA.

Rafale dilengkapi dua unit mesin Snecma M88, mesin ini membuat pesawat ini mampu melesat hingga 1,8 mach atau 1.912 km per jam dengan ketinggian puncak, dan ketinggian rendah 1,1 mach atau 1.390 km per jam.




Menhan Prabowo SubiantoFakta Dassault RafaleDassault RafaleHarga Dassault RafaleSpesifikasi Dassault RafalePesawat Tempur PrancisPesawat MiliterAlutsista TNI

Share to: