Bacaan Zikir Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya, Amalan Bulan Ramadan 2022

Bacaan Zikir Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya, Amalan Bulan Ramadan 2022

Bacaan Zikir Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya, Amalan Bulan Ramadan 2022

Ilustrasi Bacaan Zikir Setelah Sholat (Foto: Pexels)


Inilah bacaan zikir setelah sholat lengkap dengan arab, latin, dan terjemahannya. Zikir merupakan salah satu amalan bulan Ramadan 2022 yang bisa kamu lakukan. 

Zikir bisa dilakukan setelah sholat. Selain setelah sholat, zikir juga bisa dilakukan kapanpun. 

Zikir juga merupakan bentuk rasa syukur dan cara umat muslim mengingat Allah SWT. Zikir juga menjadi salah satu langkah untuk mendekatkan diri dengan Allah. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Quran surah Qaaf ayat 40 yang artinya 'Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat'. 

Keutamaan zikir juga tertera dalam Surah Al Munafiqun ayat 9, Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berdzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi.”

BACA JUGA: Jelang Ramadan 2022, Ini Dia Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa, Lengkap Arab Hingga Artinya

Ini dia bacaan zikir setelah sholat lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya. 

Bacaan zikir setelah sholat

1. Kamu bisa memaca istighfar sebanyak 3 kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Arab latin: Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Bacalah kalimat tauhid sebanyak 10 kali

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Arab latin: Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qodir.

Artinya: "Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya memiliki segala kerajaan dan hanya miliknya segala puji, baik yang hidup atau mati, dialah zat yang kuasa atas segala sesuatu."

3. Membaca kalimat pujian untuk Allah SWT, berikut bacaannya. 

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Arab latin: Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’ala ita yaa dzal jalaali wal ikrom.

Artinya: "Ya Allah, engkaulah zat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamu lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidpkanlah kami ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Zat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, ya Tuhan kami yang zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan"

BACA JUGA: 3 Keutamaan dan Amalan Pokok yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

4. Membaca surah Al-Fatihah,

Arab latin: Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. Alhamdu lillaahi Rabbil 'aalamiin. Ar-Rahmaanir-Rahiim. Maaliki Yawmid-Diin. Iyyaaka na'budu wa lyyaaka nasta'iin. Ihdinas-Siraatal-Mustaqiim. Siraatal-laziina an'amta 'alaihim ghayril-maghduubi 'alaihim wa lad-daaalliin. 

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasa,  Hanya kepada ENgkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

5. Membaca ayat kursi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ. 

Arab latin: Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasia kursi yuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal ‘aliyul-‘aẓīm 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

6. Membaca kalimat tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil masing-masing 33 kali. 

7. Membaca doa setelah zikir

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Arab latin: Bismillaahirrahmaanirrahiim.Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, hamdan yuwaafii ni’amahu wa yukafi maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’azi imi sulthaanika.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Arab latin: Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Dan, doa berikut ini: 

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

Arab latin: Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, wa tammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal’aalamiin.

BACA JUGA: Sebut Hilal Tak Mungkin Terlihat, BRIN Prediksi Awal Ramadan 2022 Jatuh Tanggal 3 April 2022

Itu dia bacaan zikir setelah sholat lengkap dengan arab, latin, dan terjemahannya. Zikir merupakan salah satu amalan bulan Ramadan 2022 yang bisa kamu lakukan. 




Ramadan 2022Bacaan ZikirBacaan Doa ZikirBacaan Zikir Setelah SholatZikir Setelah SholatZikir Ramadan 2022Zikir SingkatBacaan Zikir Singkat

Share to: