Buntut Kasus Pukul Chris Rock di Piala Oscar, Will Smith Ajukan Mundur dari The Academy

Buntut Kasus Pukul Chris Rock di Piala Oscar, Will Smith Ajukan Mundur dari The Academy

Buntut Kasus Pukul Chris Rock di Piala Oscar, Will Smith Ajukan Mundur dari The Academy

Buntut Kasus Pukul Chris Rock di Piala Oscar, Will Smith Ajukan Mundur dari The Academy (Foto: Berbagai sumber)


Akibat kasusnya yang memukul Chris Rock di Piala Oscar, Will Smith ajukan mundur dari The Academy gaes.

Will Smith resmi mengajukan mundur dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). AMPAS sendiri merupakan organisasi yang menyelenggarakan The Academy atau Piala Oscar.

Pengunduran diri Will Smith ini akibat kasusnya yang memukul Chris Rock di malam penghargaan Piala Oscar 2022 pada 27 Maret 2022.

Baca Juga: Tak Terima Istrinya Jadi Lelucon, Will Smith Pukul Chris Rock Saat Live Oscar 2022

Will Smith Pukul Chris Rock di Piala Oscar

Pada acara perhelatan penghargaan piala Oscar yang ke 94 pada 27 Maret 2022 waktu setempat, Chris Rock membuat sebuah lelucon yang menyinggung rambut botak dari istri Will Smith, Jada Pinkett Smith.

Will Smith yang tidak terima sang istri dijadikan bahan lelucon, langsung maju ke depan panggung dan memukul wajah Chris Rock. Diketahui bahwa istri Will Smith tersebut menderita penyakit Alopecia, yang membuat penderitanya mengalami kerontokan rambut.

Beberapa saat setelah kejadian tersebut, Will Smith meminta maaf kepada Chris Rock, pihak penyelenggara Piala Oscar, dan para penonton atas apa yang telah ia perbuat.

Will Smith pun mengatakan ia siap menerima segala konsekuensi akibat insiden tersebut.

Will Smith Mundur dari The Academy

Beberapa hari setelah kasus pemukulan tersebut, Will Smith menyatakan bahwa ia mundur dari keanggotaan The Academy.

"Saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," ucap sang juru bicara dikutip dari CNN.

Konsekuensi yang Will Smith terima jika ia mundur dari keanggotaan The Academy adalah ia tidak bisa lagi memberikan voting atau suara terhadap karya dirinya ataupun karya orang lain di nominasi Piala Oscar mendatang.

Meski begitu, karya Will Smith masih tetap bisa masuk nominasi Piala Oscar jika memang memenuhi syarat. Selain itu, Will Smith juga tetap bisa datang menjadi tamu undangan di perhelatan Piala Oscar berikutnya.

Sementara itu, David Rubin selaku Presiden dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, mengatakan telah menerima pengunduran diri dari peraih Best Actor tersebut.

Pihaknya masih terus melanjutkan proses disipliner terhadap Will Smith. Tindakan disiplin yang dilakukan The Academy diantaranya adalah penangguhan keanggotan atau pemberhentian, bersama dengan sanksi lain yang diizinkan oleh Anggaran Rumah Tangga dan Standar Perilaku.

"Kami akan terus melanjutkan proses disipliner kami terhadap Tuan Smith atas pelanggaran Standar Perilaku The Academy, sebelum pertemuan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April," ujar David Rubin.

Baca Juga: Minta Maaf Karena Pukul Chris Rock, Will Smith Diminta Kembalikan Piala Oscar?




Will SmithChris RockWill Smith pukul Chris RockWill Smith minta maafWill Smith mundurWill Smith piala Oscar

Share to: