18 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Museum Internasional, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

18 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Museum Internasional, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

18 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Museum Internasional, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

18 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Museum Internasional (Foto: Instagram)


18 Mei 2022 adalah peringatan Hari Museum Internasional, yuk simak fakta sejarah lengkap beserta tema yang diambil di tahun ini.

Pada 18 Mei 2022, seluruh umat manusia di dunia akan memperingati Hari Museum Internasional. Tak hanya di tahun 2022, Hari Museum Internasional rutin diperingati di tanggal 18 Mei disetiap tahunnya.

Adapun tujuan diperingatinya Hari Museum Internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan fakta bahwa, “museum adalah sarana penting untuk pertukaran budaya, pengayaan budaya, dan pengembangan saling pengertian, kerja sama, dan perdamaian antar bangsa”.

Baca Juga: 8 Mei 2022 Adalah Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Lalu, bagaimana sejarah lahirnya Hari Museum Internasional ini? Yuk simak fakta sejarah Hari Museum Internasional lengkap beserta tema yang diambil di tahun 2022 ini.

Fakta Sejarah Hari Museum Internasional

Hari Museum Internasional diperingati pada 18 Mei di setiap tahunnya. Adapun pertama kali peringatan Hari Museum Internasional ini dilakukan adalah pada tahun 1977, sebagai bentuk promosi peran museum dalam kehidupan.

Di setiap tahunnya, International Council of Museum (ICOM) menyelenggarakan International Museum Day (IMD), yang merupakan momen unik bagi komunitas museum internasional.

Hingga kini, lebih dari 20 ribu museum ikut berpartisipasi pada perayaan Hari Museum Internasional ini.

Adapun tujuan diperingatinya Hari Museum Internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan fakta bahwa, “museum adalah sarana penting untuk pertukaran budaya, pengayaan budaya, dan pengembangan saling pengertian, kerja sama, dan perdamaian antar bangsa”.

Tema Hari Museum Internasional 2022

Sementara itu, ICOM telah mengumumkan tema yang akan dipakai di Hari Museum Internasional 2022. Tema tersebut adalah “Kekuatan Museum” atau “The Power of Museums”.

Maksud dan arti dari tema ini adalah museum yang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia di sekitar kita. Sebagai tempat penemuan yang tak tertandingi, museum mengajari kita tentang masa lalu kita dan membuka pikiran kita terhadap ide-ide baru.

Baca Juga: 24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah fakta sejarah Hari Museum Internasional lengkap beserta tema yang diambil di tahun 2022 ini.




18 Mei18 Mei 2022Hari Museum InternasionalFakta Hari Museum InternasionalSejarah Hari Museum InternasionalTujuan Hari Museum InternasionalTema Hari Museum Internasional 2022

Share to: