Biodata dan Profil Buya Syafii: Umur, Karier dan Pendidikan, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Buya Syafii: Umur, Karier dan Pendidikan, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Buya Syafii: Umur, Karier dan Pendidikan, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Buya Syafii (Foto: Berbagai sumber)


Berikut adalah biodata dan juga profil dari Buya Syafii lengkap umur, karier dan pendidikan, mantan ketum PP Muhammadiyah yang baru saja meninggal dunia.

Buya Syafii adalah seorang ulama Indonesia yang dikabarkan telah meninggal dunia pada 27 Mei 2022. Buya Syafii lahir pada 31 Mei 1935. Umur Buya Syafii adalah 86 tahun dan menganut agama Islam.

Buya Syafii merupakan mantan ketum PP Muhammadiyah yang ke-13. Ia menjabat sebagai Ketum PP Muhammadiyah pada periode 1998 - 2005.

Baca Juga: Biodata dan Profil Fahmi Idris: Pendidikan, Agama dan Karier, Mantan Menteri Perindustrian Meninggal Usia 78 Tahun

Bagaimana dengan sosoknya? Berikut kami berikan biodata dan juga profil dari Buya Syafii lengkap umur, karier dan pendidikan, mantan ketum PP Muhammadiyah yang baru saja meninggal dunia.

1. Profil Buya Syafii

Buya Syafii memiliki nama lengkap Ahmad Syafii Maarif. Ia merupakan seorang ulama dan cendikiawan Indonesia yang lahir di Sumpurkudus, Sijunjung, Sumatra Barat.

2. Karier Buya Syafii

Buya Syafii mulai terlibat secara intensif melakukan pengkajian terhadap Al-Quran ketika menyelesaikan studi S3 di Chicago, Amerika Serikat.

Di sana pula, ia kerap terlibat diskusi intensif dengan Nurcholish Madjid dan Amien Rais yang sedang mengikuti pendidikan doktornya.

Buya Syafii pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke-13 pada periode 1998-2005. 

Selain menjadi Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii juga pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute.

3. Pendidikan Buya Syafii

Dan berikut adalah daftar pendidikan yang pernah ditekuni Buya Syafii semasa hidupnya:

- Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta (1956)

- Universitas Cokroaminoto Surakarta (1964)

- IKIP Yogyakarta (1968)

- Ohio State University

- Chicago University (1993)

4. Meninggal Dunia

Disebutkan Haedar Nashir, Buya Syafii meninggal dunia pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat  tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," katanya.

5. Biodata Buya Syafii

Nama lengkap:Ahmad Syafii Maarif
Nama panggung:Buya Syafii
Kota asal:Sumpurkudus, Sijunjung, Sumatra Barat
Tanggal lahir:31 Mei 1935
Umur:86 tahun
Agama:Islam
Pasangan:-
Pendidikan:

Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Cokroaminoto Surakarta, IKIP Yogyakarta, Ohio State University, Chicago University

Pekerjaan:Ulama, Cendikiawan
Akun Instagram:-

Nah, itulah biodata dan juga profil dari Buya Syafii lengkap umur, karier dan pendidikan, mantan ketum PP Muhammadiyah yang baru saja meninggal dunia.




Ahmad Syafii MaarifBuya SyafiiBuya Syafii meninggal duniaBiodata Buya SyafiiProfil Buya SyafiiUmur Buya SyafiiAgama Buya SyafiiKarier Buya SyafiiPendidikan Buya Syafii

Share to: