Biodata dan Profil Bagong Soebardjo: Umur, Asal dan Karier, Pendongeng Wayang Anak yang Mendunia

Biodata dan Profil Bagong Soebardjo: Umur, Asal dan Karier, Pendongeng Wayang Anak yang Mendunia

Biodata dan Profil Bagong Soebardjo: Umur, Asal dan Karier, Pendongeng Wayang Anak yang Mendunia

Sosok Pendongeng Anak Bagong Soebardjo (Foto: Instagram @bagongsoebardjo)


Berikut adalah biodata lengkap Bagong Soebardjo, pendongeng anak dengan media wayang yang sudah memperdengarkan karyanya di kancah internasional lho gaes!

Dia adalah Bagong Soebardjo, seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

Sosoknya dikenal karena dedikasinya yang tinggi kepada kesenian demi membentuk karakter anak bangsa melalui dongeng bermediakan wayang. Dia bahkan sudah pernah diundang mendongeng di Australia lho!

Baca Juga: Mengenal Sosok Bagong Soebardjo, Pendongeng Anak dengan Media Wayang Gaes!

Bagaimana dengan sosoknya? Yuk simak biodata lengkap Bagong Soebardjo berdasarkan penelusuran KUYOU.id berikut ini.

1. Awal Karier Bagong Soebardjo

Kehadirannya saat ini tak lepas dari campur tangan sang kakek. Bagong Soebardjo memiliki kecintaan dengan dongeng karena kerap mendengarkannya dari sang kakek sebelum tidur.

Hal tersebut bahkan menjadi kegiatan rutin baginya. Akan terasa kurang jika tak mendengar dongeng sebelum tidur.

Hingga saat dia masuk ke Sekolah Dasar (SD) Bagong terus mendengarkan dongeng dan cerita-cerita lainnya. Salah satu yang menarik perhatiannya adalah wayang.

Sering menonton pertunjukan wayang, Bangong pun mengoleksi beberapa wayang hingga belajar menjadi dalang. Akhirnya, dia mulai mengikuti beberapa pentas wayang yang diadakan di sekitar rumahnya. 

2. Mendongeng demi Anak Bangsa

Bukan demi eksistensi, Bagong memutuskan untuk menjadi pendongeng untuk kepentingan masyarakat, terutama anak-anak calon penerus bangsa.

Baginya, mendongeng adalah jalan hidup. Dengan media wayang-wayang yang dibuatnya sendiri, pria 66 tahun ini percaya bahwa karakter anak bisa dibentuk saat mereka masih kecil dengan apa yang mereka dengar dan saksikan.

Meski sudah bekecimpung di dunia dongeng dengan media wayang sejak 43 tahun yang lalu, Bagong Soebardjo terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya agar bisa dinikmati oleh anak-anak masa kini lho gaes!

3. Membuat Sanggar Sendiri

Identik dengan wayang saat berdongeng, ternyata Bagong Soebardjo membuat wayangnya sendiri dengan menggunakan botol, kertas dan juga karton bekas.

Hingga kini, seniman lulusan ASRI Jogja ini sudah memiliki ratusan koleksi wayang yang dibuatnya sendiri lho!

Tak hanya itu,  Bagong Soebardjo juga merupakan pemilik Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

Disana akan ada banyak hal yang bisa ditemui. Mulai dari perpustakaan, workshop dan pementasan dalang hingga banyak juga seniman dan sastrawan yang ikut andil dalam mengajar.

Berawal dari kontrakan rumahnya, kini dia menerima banyak tamu di Bagong Soebardjo. Mulai dari seniman, wisatawan hingga mahasiswa gaes!

4. Bagong Soebardjo Mendongeng hingga ke Luar Negeri

Berkat ketekunannya, Bagong Soebardjo sudah pernah memperdengarkan dongeng untuk anak-anak di beberapa kota di Indonesia.

Bapak tiga anak ini pertama kali mementaskan dongeng wayangnya di Semaki, Umbulharjo, Jogja. Hingga pada 1992, dia mementaskan wayang kartunnya di Taman Impian Jaya Ancol dalam acara musyawarah besar kartunis.

Bukan hanya di Indonesia, Bagong Soebardjo bahkan pernah di undang ke Australia untuk mendongeng dan berbagai ilmu disana. Beberapa waktu lalu, dia juga seharusnya pergi ke Jepang, sayangnya hal tersebut tertunda karena pandemi Covid-19.

5. Profil dan Biodata Bagong Soebardjo

Nama lengkap:Bagong Soebardjo
Nama panggilan:Bagong Soebardjo
Kota Lahir:Yogyakarta
Tanggal lahir:23 Juli 1957 
Umur:66 tahun (2022)
Agama:Islam
Nama Anak::3 Anak
Pendidikan: 

ASRI Jogja 

Profesi:Pendongeng, Seniman, Penulis
Akun Instagram:

@bagongsoebardjo

Nah, itu dia biodata lengkap Bagong Soebardjo, pendongeng anak berusia 66 tahun dengan media wayang yang sudah memperdengarkan karyanya di kancah internasional.




Bagong SoebardjoPendongeng Bagong SoebardjoSiapa Bagong SoebardjoSosok Bagong SoebardjoProfil Bagong SoebardjoWayang Bagong SoebardjoSanggar Bagong SoebardjoSanggar Wayang Dongeng

Share to: