Perjalanan Karier Bagong Soebardjo, Mendongeng Demi Membentuk Karakter Anak Bangsa

Perjalanan Karier Bagong Soebardjo, Mendongeng Demi Membentuk Karakter Anak Bangsa

Perjalanan Karier Bagong Soebardjo, Mendongeng Demi Membentuk Karakter Anak Bangsa

Perjalanan Karier Bagong Soebardjo (Foto: Instagram @bagongsoebardjo)


Berikut adalah perjalanan karier Bagong Soebardjo, seorang pendongeng dengan media wayang yang berkarier demi membentuk karakter anak bangsa gaes!

Bagong Soebardjo adalah seorang pendongeng, seniman dan juga penulis kelahiran 23 Juli 1957. Berasal dari Yogyakarta, umur Bagong Soebardjo adalah 66 tahun.

Bukan demi eksistensi, Bagong memutuskan untuk menjadi pendongeng untuk kepentingan masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan calon penerus bangsa.

Baca Juga: Mengenal Sosok Bagong Soebardjo, Pendongeng Anak dengan Media Wayang Gaes!

Penasaran kan? Yuk simak perjalanan karier Bagong Soebardjo berdasarkan penelusuran KUYOU.id berikut ini.

Gemar Dongeng dan Wayang Sejak Kecil

Kehadirannya saat ini tak lepas dari campur tangan sang kakek. Bagong Soebardjo memiliki kecintaan dengan dongeng karena kerap mendengarkannya dari sang kakek sebelum tidur.

Hal tersebut bahkan menjadi kegiatan rutin baginya. Akan terasa kurang jika tak mendengar dongeng sebelum tidur.

Hingga saat dia masuk ke Sekolah Dasar (SD) Bagong terus mendengarkan dongeng dan cerita-cerita lainnya. Salah satu yang menarik perhatiannya adalah wayang.

Sering menonton pertunjukan wayang, Bagong pun mengoleksi beberapa wayang hingga belajar menjadi dalang. Akhirnya, dia mulai mengikuti beberapa pentas wayang yang diadakan di sekitar rumahnya. 

Tampil hingga Ke Luar Negeri Lho!

Berkat ketekunannya, Bagong Soebardjo sudah pernah memperdengarkan dongeng untuk anak-anak di beberapa kota di Indonesia.

Bapak tiga anak ini pertama kali mementaskan dongeng wayangnya di Semaki, Umbulharjo, Jogja. Hingga pada 1992, dia mementaskan wayang kartunnya di Taman Impian Jaya Ancol dalam acara musyawarah besar kartunis.

Bukan hanya di Indonesia, Bagong Soebardjo bahkan pernah di undang ke Australia untuk mendongeng dan berbagai ilmu disana. Beberapa waktu lalu, dia juga seharusnya pergi ke Jepang, sayangnya hal tersebut tertunda karena pandemi Covid-19.

Pendiri Sanggar Wayang Dongeng

Tak berhenti hanya menjadi pendongeng, Bagong Soebardjo juga merupakan pemilik Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

Disana akan ada banyak hal yang bisa ditemui. Mulai dari perpustakaan, workshop dan pementasan dalang hingga banyak juga seniman dan sastrawan yang ikut andil dalam mengajar.

Berawal dari kontrakan rumahnya, kini dia menerima banyak tamu di Bagong Soebardjo. Mulai dari seniman, wisatawan hingga mahasiswa gaes!

Nah, itu dia perjalanan karier Bagong Soebardjo, seorang pendongeng bermediakan wayang asal Yogyakarta yang berkesenian demi membentuk karakter anak bangsa.




Bagong SoebardjoPendongeng Bagong SoebardjoSiapa Bagong SoebardjoSosok Bagong SoebardjoProfil Bagong SoebardjoWayang Bagong SoebardjoSanggar Bagong SoebardjoSanggar Wayang Dongeng

Share to: