8 September 2022 adalah Hari Literasi Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Tema Tahun Ini

8 September 2022 adalah Hari Literasi Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Tema Tahun Ini

8 September 2022 adalah Hari Literasi Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Tema Tahun Ini

8 September 2022 adalah Hari Literasi Internasional (Foto: Istimewa)


8 September 2022 adalah Hari Literasi Internasional, yuk simak fakta sejarah dan tema yang diangkat tahun ini.

Pada 8 September 2022, seluruh masyarakat di dunia memperingati Hari Literasi Internasional. Tak hanya di tahun 2022, Hari Literasi Internasional ini juga diperingati setiap tahun di tanggal 8 September.

Hari Literasi Internasional ini diperingati untuk menyadarkan setiap individu, kelompok dan masyarakat bahwa melek huruf atau melek aksara sangatlah penting.

Baca Juga: 8 Agustus 2022 Adalah Hari Pamong Praja, Berikut Fakta Sejarah dan Tugas

Lalu, kenapa bisa ditetapkan ditanggal 8 September? simak fakta sejarah dan tema yang diangkat tahun ini di Hari Literasi Internasional.

Fakta Sejarah Hari Literasi Internasional

Sejarah penetapan Hari Literasi Internasional atau juga bisa disebut Hari Aksara Internasional adalah ketika diadakannya konferensi tentang Pemberantasan Buta Huruf di Teheran Iran, pada tanggal 8 -19 September 1965.

Konferensi tersebut yang menjadi awal mula tercetusnya Hari Literasi Internasional sebagai langkah bersama untuk mengurangi jumlah buta huruf.

Pada tanggal 26 Oktober 1966 UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) secara resmi menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Literasi Internasional yang pertamakali diperingati di tahun 1967.

Tujuan Diperingati Hari Literasi Internasional

Hari Literasi Internasional ini diperingati bertujuan untuk menyadarkan setiap individu, kelompok dan masyarakat bahwa melek huruf atau melek aksara sangatlah penting.

Tema Hari Literasi Internasional 2022

tema yang diangkat di Hari Literasi Internasional 2022 adalah "Transforming Literacy Learning Spaces". Tema ini memberikan kesadaran akan pentingnya ruang belajar literasi untuk memastikan pendidikan yang berkualitas.

Nah, itulah fakta sejarah dan tema yang diangkat tahun ini di Hari Literasi Internasional.




8 September 20228 SeptemberHari Literasi InternasionalHari Aksara InternasionalFakt Hari Literasi InternasionalSejarah Hari Literasi InternasionalTujuan Hari Literasi InternasionalTema Hari Literasi Internasional

Share to: