Di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung Bahas Peluang Indonesia di Era Disrupsi teknologi

Di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung Bahas Peluang Indonesia di Era Disrupsi teknologi

Di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung Bahas Peluang Indonesia di Era Disrupsi teknologi

Putri Tanjung Di Rakornas ICCN 2022 (Foto: Istimewa)


Putri Tanjung menyebutkan peluang Indonesia di era disrupsi teknologi yang saat ini sudah terjadi.

Hal ini Putri Tanjung sebutkan ketika menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Creative Cities Network (ICCN) 2022 pada Rabu, 28 September 2022.

Baca Juga: Melalui Rakornas ICCN 2022, Adrian Zakhary Optimis Bisa Edukasi Web3 dan NFT di Indonesia

Seputar Rakornas ICCN 2022

Rakornas ICCN adalah sebuah rapat besar berskala nasional yang dihadirkan ICCN dengan mengundang 225 forum lintas komunikasi kota dan kabupaten kreatif yang dibina ICCN.

Rakornas ICCN ini berlangsung selama tiga hari, 27 September 2022 hingga 29 September 2022 di SMESCO, iNEWS Tower, Sarinah, Pos Bloc & M Bloc Space, Jakarta. Untuk Rakornas tahun 2022 ini, ICCN menghadirkan tema JEJARING LOKAL KEREN.

ICCN juga mengundang beberapa tokoh ternama untuk hadir dalam sesi diskusi serta talkshow. Mereka adalah Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN, Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama, CTO MNC Group, Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN, Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN, Fiki Satari, serta ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF), Handoko Hendroyono.

Putri Tanjung Sebut Peluang Indonesia di Era Disrupsi Teknologi

Di acara tersebut, Putri Tanjung hadir sebagai keynote speech. Putri membahas peluang Indonesia di era disrupsi teknologi.

Disrupsi Teknologi adalah sebuah perubahan fundamental akibat perkembangan sistem teknologi digital, yang mana teknologi digital atau robot mulai menggantikan dan mengubah peran serta pekerjaan manusia.

Putri Tanjung menyinggung bahwa di era disrupsi teknologi ini, manusia sekarang bukan bersaing dengan manusia lagi, melainkan dengan teknologi. Namun, hal ini justru menghasilkan peluang yang cukup bagus melalui globalisasi.

"Kita juga sekarang bersaingnya dengan teknologi, dengan adanya AI designer, dengan adanya AI influencer, dengan adanya brand-brand fashion beauty yang semuanya di push dan digunakan sama teknologi, jadi emang disrupsinya lagi sangat luar biasa. Jadi aku melihat pesatnya perubahan, tapi sebenarnya juga opportunitynya semakin besar dengan adanya globalisasi," ucap Putri Tanjung.

Putri menyebutkan di Indonesia sudah banyak entrepreneur kreatif yang mengarah ke arah yang lebih baik. Namun, Anak Chairul Tanjung ini juga mengingatkan bahwa hal ini membutuhkan ekosistem yang kuat dan mendukung. 

"Aku ngerasa opportunitynya sangat besar, karena sebenarnya kita tau sekarang banyak banget creative entrepreneur yang menuju ke sana juga. Tapi kita harus ingat juga ekosistem disekeliling pun harus mendukung," ujarnya.

Putri yang juga seorang entrepreneur, mengatakan bahwa dirinya dan para entrepreneur lainnya sudah berusaha untuk membuat produk yang berkualitas, yang tak hanya di pakai di Indonesia, tetapi diluar negeri juga.

Baca Juga: Hadir di Rakornas ICCN 2022, Erick Thohir: Kita Harus Dorong Ekonomi Baru yang Potensial

"Diri kita sendiri sebagai pengusaha atau sebagai orang yang punya karya di industri kreatif, kita berusaha sekuat tenaga itu kan untuk membuat produk sekelas dunia yang bisa dipakai bukan hanya di Indonesia, tapi diluar negeri juga. Tapi ekosistem sekelilingnya juga harus membantu," katanya.




ICCNRakornas ICCN 2022Jejaring Lokal KerenPutri TanjungDisrupsi teknologi

Share to: