Ternyata Ini Lho Kemiripan Jokowi dengan Presiden Pertama RI Soekarno

Ternyata Ini Lho Kemiripan Jokowi dengan Presiden Pertama RI Soekarno

Ternyata Ini Lho Kemiripan Jokowi dengan Presiden Pertama RI Soekarno

Ternyata Ini Lho Kemiripan Jokowi dengan Presiden Pertama RI Soekarno. Foto: Ist


Presiden Joko Widodo atau Jokowi pertama kali dilantik menjadi Presiden ke-7 RI pada usia 53 tahun. Sebelumnya tak ada yang menyangka sosok sederhana seperti Jokowi ini bakal menduduki pucuk kepemimpinan tertinggi di Indonesia.

Terpilihnya kembali Jokowi menjadi presiden tentu berkat dukungan dan kepercayaan rakyat yang begitu besar terhadapnya.

Dengan sifat Jokowi yang merakyat dan sederhana, ia kerap disandingkan dengan nama besar Ir. Soekarno (Presiden pertama RI).

Tim Kuyou pun mencoba mengulik lebih jauh sisi Jokowi yang mungkin tak diketahui banyak orang. Termasuk menguak hipotesa yang menyebutkan kalau Jokowi memiliki kesamaan dengan Presiden pertama RI Soekarno. Apakah benar demikian?

1. Jokowi Lahir di Bulan yang sama dengan Soekarno

Kedua pria ini sama-sama lahir di bulan Juni. Jokowi lahir pada 21 Juni 1961, sementara itu Soekarno lahir di tanggal 6 Juni 1901.

2. Sesama lahir di Tanah Jawa

Jika bicara mengenai lokasi pasti kelahiran kedua sosok ini, mereka memang tak lahir di kota yang sama. Jokowi lahir di Surakarta, sedangkan Soekarno di Surabaya. Tapi, yang mesti dicatat ialah keduanya lahir di tanah Jawa.

3. Sesama pecinta seni wayang

Presiden Soekarno sejak kecil sudah menyukai kisah wayang. Bahkan, Soekarno diketahui rela begadang demi bisa nonton wayang semasa sekolah dulu. Pun dengan Jokowi. Dalam Film 'Jokowi' kita bisa lihat bersama bagaimaa Jokowi kecil dididik kakeknya dengan mengguakan kisah pewayangan.

4. Jokowi dan Soekarno memiliki Zodiak dan Shio yang sama

Satu hal lain yang tak kalah menarik ialah kedua sosok besar bangsa Indonesia ini memiliki zodiak yang sama yaitu Gemini. Tidak hanya itu, shio mereka serupa yaitu Kerbau berunsur logam dengan sifat Yin. 




jokowipresiden jokowi

Share to: