5 Kopi Indomnesia Yang Menguncang Dunia

5 Kopi Indomnesia Yang Menguncang Dunia

5 Kopi Indomnesia Yang Menguncang Dunia

Foto:Instagram @kopiindonesia


Indonesia memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan bahkan selain pesona Alamnya, indonesia juga terkenal lewat Kopi Lokal nya, bahkan kopi Indonesia juga menjadi salah satu daya tarik oleh wisatawan asing hampir di seluruh dunia.

Bahkan, memang tak bisa dipungkiri kalau cita rasanya kopi nusantara Indonesia yang lezat mampu membuat orang yang telah mencobanya ketagihan.citra rasa yang saking lezatnya, tak sedikit kopi lokal Indonesia yang sukses bahkan tidak hanya di Indonesia saja ada juga yang terkenal hingga ke beberapa negara belahan dunia.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia, Indonesia menempati posisi ke-empat sebagai negara yang memproduksi kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Bahkan bisa dibilang, hampir seluruh lahan yang ada di indonesia sangat cocok difungsikan sebagai perkebunan kopi ini karena Tahan di Indonesia sangat subur.

Makanya gak heran deh kalau kopi Banyak kopi dihasilkan dari beragam daerah salah satunya Kopi Gayo yang berasal dari Aceh.

penasaran kan,Pengin tahu kopi lokal Indonesia dari daerah mana saja yang sukses mendunia? Berikut lima di antaranya seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1.Kopi Arabika Gayo,Aceh

Foto: Instagram @kopigayo.co

Ini dia salah satu kopi favorit banyak orang di belahan dunia, seperti di Amerika hingga negara Eropa. Bahkan saking digemarinya, kopi yang berasal dari Aceh ini dikategorikan sebagai premium class di Eropa.

Gak cuma itu aja, kopi Gayo juga mendapat score tinggi untuk cita rasa kopi dari Specialty Coffee Association of America.

Dan bahkan Kopi yang satu ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh Tenggara. Aceh memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Kopi Aceh Gayo berasal dari jenis Arabika. Seperti karakter rasa kopi Sumatera lainnya, kopi Aceh Gayo ini juga memiliki cita rasa pahit yang kuat (strong). Ditinjau dari body, kopi Aceh Gayo tergolong kental atau dikenal dengan istilah full body. Rasa kopinya kuat dan memiliki sedikit rasa asam.

2. Kopi Arabika Flores Bajawa, Nusa Tenggara Timur

Foto: Instagram @kov_kopi_arabika

Bahkan banyak Biji kopi terbaik Indonesia yang ditanam di dataran tinggi Flores ini memiliki kualitas yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak hanya lokasi tanamnya yang masih alami, proses pembuatan kopi Flores Bajawa juga telah menjadi tradisi warga asli Bajawa yang diwariskan secara turun-temurun. 

Bahkan Kopi arabika yang berasal dari Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Meskipun cukup kental, tapi tingkat keasamannya terbilang rendah ketimbang kopi lainnya.

3.Kopi Kintamani Bali

Foto:Istimewa

Kopi dari Pulau Dewata ini berasal dari perkebunan yang berlokasi di Kecamatan Kintamani, dekat dengan Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Rasanya tergolong unik karena didominasi asam citrus segar dan aroma bunga dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang.

Rasanya yang unik karena didominasi asam citrus segar serta aroma wangi bunga dengan tingkat keasaman dan kekentalan yang sedang membuat kopi ini banyak digemari banyak hingga mancanegara.

Tujuan ekspor utama kopi Kintamani yang berasal dari Bali adalah Jepang, Eropa dan juga beberapa negara Arab. Bahkan kopi yang satu ini sangat populer di tiga negara tersebut.

4.Kopi Luwak

Foto:Istimewa

Kopi yang satu ini memang selalu menarik perhatian bahkan Kopi Indonesia yang banyak disukai bahkan hingga ke luar negeri yakni kopi luwak yang banyak diproduksi di daerah Sumatera dan Jawa.

Tak hanya menjadi salah satu kopi favorit, kopi luwak juga termasuk ke dalam salah satu kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia.

Pasalnya, kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang unik karena proses pembuatannya yang cukup aneh yaitu kopi yang sudah dipetik harus dimakan oleh luwak terlebih dahulu. Lalu biji kopi yang keluar dari kotoran luwak kemudian akan diambil dan dijadikan kopi, karena proses itulah yang membuat citra rasa kopi luwak eksotik dengan aroma khas yang lembut.

5.Kopi Toraja Kalosi, Sulawesi Selatan

Foto: Instagram @kopitorajaarabicarobusta

Kopi selanjutnya adalah Kopi Toraja yang ternyata bukan hanya terkenal di Indonesia loh, tapi juga beberapa negara di dunia. Gak heran kalau Jepang dan Amerika menjadi tujuan utama ekspor kopi yang satu ini.

Untuk soal citra rasa dan Karakter kopi Toraja yang khas adalah body yang tebal dan tingkat keasaman rendah. Cita rasanya dominan cokelat dan terasa earthy.

Inilah 5 kopi Indonesia yang terkenal sampai mancanegara bahkan oleh Negara Amerika Serikat Indonesia dijuluki sebagai surganya kopi dunia.

Nah kamu ingin coba yang mana nih?




Kopi IndonesiaKopi Indonesia MenduniaKopi GayoKopi Arabika FloresKopi Kintamani BaliKopi LuwakKopi Toraja Kalosikopikekinianpenikmatkopihitam

Share to: