Khasiat Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat Menurut UAS

Khasiat Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat Menurut UAS

Khasiat Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat Menurut UAS

Foto: Istimewa


Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya yang diambil dari channel Youtube Tabayyun TV, UAS mengatakan bahwa keutamaan membaca surat Al Kahfi sebagaimana dalam hadist :

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Ustadz Abdul Somad juga mengatakan, di antara dua Jumat yang dimaksud adalah antara hari Jumat ini ke Jumat muka terang benderang. Lanjut UAS, kita bisa melihat mana bengkok, mana lurus, mana hak, mana batil karena adanya cahaya.

Berikut adalah penjelasan UAS terkait maksud “cahaya”, Kenapa bisa saya tengok (bisa melihatnya) bukan karena mata. Kalau ada orang mengatakan dia bisa melihat karena mata. Matikan semua lampu ketika jam 12 malam, masuk ke ruangan buka matanya lebar-lebar, apakah bisa melihat. Kita melihat bukan karena mata, kita melihat karena cahaya," tegas Ustaz Abdul Somad.

Bila tidak ada cahaya maka akan hilang penglihatan semuanya. Andai tak terbit matahari besok tenggelam alam semesta. Kalau ingin dapat cahaya sampai Jumat depan, bacalah suarat Al Kahfi. Maka malam Jumat, pagi Jumat, siang Jumat, Petang Jumat membaca surat Al Kahfi. 

Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jum’at atau malam Jum’at. Sebenarnya tak harus hari Jum’at saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Penulis: Anas Fadli




#UAS#UstadzAbdulSomad#AlKahfi#JumatBerkah

Share to: