Ustadz Abdul Somad: Keistimewaan Bulan Rajab

Ustadz Abdul Somad: Keistimewaan Bulan Rajab

Ustadz Abdul Somad: Keistimewaan Bulan Rajab

Foto: Istimewa


Ustadz Abdul Somad menjelaskan dalam sebuah video ceramahnya, tak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan Rajab. 

Rajab adalah bulan kedelapan dalam penanggalan Qamariyah atau Hijriyah yang mana 1 Rajab 1441 Hijriyah jatuh pada Selasa, 25 Februari 2020. Bulan Rajab adalah bulan yang istimewa sebab termasuk ke dalam 4 bulan haram (suci) selain bulan Ramadhan, dan beberapa bulan lainnya.

Saat memasuki Bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Khusus untuk empat bulan suci, termasuk Rajab, Allah SWT turut mengingatkan jangan sampai terjadi pertumpahan darah kecuali jika muslim diserang lebih dulu atau terjadi atas nama Allah SWT. 

Bulan Rajab juga adalah bulan dimana turunnya perintah sholat saat Isra Mi'raj. Tak hanya Rajab dan Ramadhan, ada beberapa bulan haram lain, yakni bulan Dzulqi’dah, Dzulhijjah, dan Al Muharram.

Selama bulan Rajab, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya jika mau. Misalnya, berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya, Jelas UAS. 

“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” UAS menjelaskan.

Penulis: Anas Fadli




#UAS#UstadzAbdulSomad#Rajab#BulanRajab

Share to: