Bill Gates Hingga Jack Ma, Ini yang Dilakukan Miliarder Dunia Untuk Perangi Virus Corona

Bill Gates Hingga Jack Ma, Ini yang Dilakukan Miliarder Dunia Untuk Perangi Virus Corona

Bill Gates Hingga Jack Ma, Ini yang Dilakukan Miliarder Dunia Untuk Perangi Virus Corona

(Foto: Istimewa)


Pandemi virus corona telah mencapai hampir setiap sudut planet ini yang menewaskan lebih dari 13.000 jiwa. Tak hanya itu, dampak virus ini juga mempengaruhi ekonomi setiap individu di seluruh dunia. 

Saat ini, masih belum ada obat untuk penyakit ini dan satu-satunya cara untuk menahan penyebarannya adalah dengan menjaga jarak sosial (social distancing). 

Dalam masa-masa sulit ini, sebagian besar miliarder di dunia maju untuk memerangi wabah COVID-19. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

Bill Gates donasikan $ 100 juta (sekitar Rp. 1,6 triliun)

Co-founder Microsoft Bill Gates mengumumkan bantuan $ 100 juta dari Bill dan Melinda Gates Foundation untuk memerangi COVID-19. Setengah dari donasi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan vaksin, perawatan, dan diagnostik.

Miliarder Cina Jack Ma melakukan $ 14 juta (sekitar Rp 227,6 miliar)

Salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma telah berdonasi sebanyak $ 14 juta untuk membantu mengembangkan vaksin COVID-19. Miliarder China itu juga mengumumkan tambahan $ 2,15 juta (sekitar Rp 34,9 miliar) untuk Institut Doang dan Infeksi Peter Doherty di Australia untuk membantu mengembangkan vaksin. Dia juga mengumumkan untuk menyumbangkan sejumlah test kit dan masker wajah ke AS.

Apple donasikan masker

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, Apple, menyumbangkan jutaan masker respirator tingkat industri untuk penyedia layanan kesehatan yang memerangi virus corona di garis depan. 

“Tim kami di Apple telah bekerja untuk membantu sumber pasokan bagi penyedia layanan kesehatan yang memerangi COVID-19. Kami menyumbangkan jutaan topeng untuk para profesional kesehatan di AS dan Eropa." 

Sementara itu, CEO Apple Tim Cook menulis dalam sebuah posting di Twitter: "Kepada setiap pahlawan di garis depan, kami berterima kasih."

Michael Bloomberg bermitra dengan WHO

Miliarder Michael Bloomberg telah meluncurkan inisiatif $ 40 juta (sekitar Rp 650,4 miliar) untuk pencegahan penyebaran coronavirus di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Bloomberg bermitra dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan organisasi kesehatan global Vital Strategies.

Miliarder Hong Kong, Li Ka-Shing donasikann $ 13 juta

Pada bulan Februari, pria terkaya Hong Kong Li Ka-Shing berjanji untuk menyumbangkan $ 13 juta (sekitar Rp 211,4 miliar) untuk membantu para pekerja medis di Wuhan. Yayasan Li juga bekerja untuk mencari pasokan medis bagi pekerja perawatan kesehatan di Wuhan dan Hong Kong.




Miliarder DuniaJACK MAAppleBill GatesDonasi Corona

Share to: