Ini Tanggapan WHO Setelah Dikritik Oleh Donald Trump

Ini Tanggapan WHO Setelah Dikritik Oleh Donald Trump

Ini Tanggapan WHO Setelah Dikritik Oleh Donald Trump

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: The Indian Express)


Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada  Rabu, 8 April 2020 membela tanggapan dan kritik kepada organisasi terhadap pandemi virus corona yang dilontarkan oleh Donald Trump.

Respon awal organisasi terhadap wabah semakin diteliti ketika kasus global melonjak lebih dari 1 juta. 

Trump bahkan mengatakan pada Selasa, 7 April 2020 bahwa mereka mengancam akan menarik dana dari AS untuk organisasi ini.

"Tolong jangan mempolitisir virus ini. Itu mengeksploitasi perbedaan yang Anda miliki di tingkat nasional. Jika Anda ingin dieksploitasi dan memiliki lebih banyak kantong mayat, maka Anda melakukannya. Persatuan negaramu akan sangat penting untuk mengalahkan virus berbahaya ini," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di Jenewa, Swiss. 

Tedros juga menguraikan garis waktu tindakan yang diambil organisasinya dalam menanggapi krisis ini.

Pada Tahun Baru, sehari setelah China melaporkan sekelompok kasus di Wuhan yang kemudian ditetapkan sebagai virus corona baru, agensi mengaktifkan Tim Dukungan Manajemen Insiden untuk mengoordinasikan tanggapannya di markas besar, markas besar regional dan tingkat negara, kata Tedros.

Pada 5 Januari, WHO memberi tahu semua negara anggota tentang wabah baru dan memposting berita wabah di situs webnya. Setelah kasus-kasus pertama dilaporkan menyebar di luar China, WHO mengumumkan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. 

Tim manajemen krisis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga diaktifkan pada awal Februari untuk membantu.

"Kami mengatakan kami telah melakukan semua yang kami bisa, tetapi kami akan terus melakukan segalanya - siang dan malam - seperti yang telah kami lakukan untuk menyelamatkan hidup. Kami tidak ingin membuang waktu," kata Tedros. 

Dia menambahkan bahwa WHO juga melakukan penilaian setelah tindakan ketika dihadapkan dengan masalah kesehatan masyarakat yang baru dan serius seperti irus corona.

"Kami akan melakukan penilaian mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan," ujarnya.




Donald TrumpDirektur Jenderal WHOTedros Adhanom GhebreyesusDonald Trump WHOWHOKritik WHO

Share to: