5 Persiapan Tubuh Yang Harus diperhatikan Sebelum Memulai Puasa

5 Persiapan Tubuh Yang Harus diperhatikan Sebelum Memulai Puasa

Foto

Istimewa


Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sebentar lagi tiba. Selama Ramadan, kamu akan menahan lapar lebih dari 12 jam. 

Mengalami berbagai keluhan seperti pusing atau lemas di hari pertama merupakan hal yang wajar karena tubuhmu sedang beradaptasi.

Maka dari itu ada hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu memulai puasa, biar badan kamu gak kaget saat memulai hari pertama mulai puasa. 

1. Kurangi Makan Camilan Sebelum Puasa di Mulai 

Menikmati berbagai jenis makanan mumpung masih ada beberapa hari sebelum puasa. Tapi, ada baiknya kalau kamu malah menguranginya dari sekarang. Dengan begitu, tubuhmu jadi lebih terbiasa tidak mendapat asupan camilan di siang sampai sore hari. 

2. Ubah Jadwal Olahraga

Kamu bisa mulai untuk mengubah jadwal olahragamu menjadi pagi atau malam hari. Hal itu dilakukan agar tubuhmu bisa beradaptasi dengan jadwal baru olahragamu selama bulan Ramadan.

3. Memperbanyak Serat Sayur

Kadang, kita makan terlalu banyak saat sahur karena takut akan merasa lapar selama puasa. Namun, kita kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Padahal, ada baiknya untuk makan secukupnya sesuai dengan porsi makanmu. 

Hindari sahur dengan makanan pedas, berminyak, dan menggunakan santan. Sebagai gantinya, perbanyak serat seperti sayur dan buah-buahan. 

4. Hindari Begadang

Jika jam tidur mu berantakan dari sebelum puasa kamu bisa mulai memperbaikinnya dari sekarang, agar puasa mu lancar yang dimulai bangun  pagi untuk jalankan sahur. 

5. Ganti Persediaan Camilan Dengan Makanan Sehat

Kamu harus menahan keinginan makan camilan selama bulan Ramadan. Salah satu cara yang bisa membantumu yaitu dengan mengganti persediaan camilanmu dengan makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. 

Itulah lima tips yang bisa kamu ikuti untuk membuatmu lebih siap menghadapi hari pertama puasa.




puasatubuhsehatramadhankurmasahur

Share to: