Mengenal Nama dan Perjalanan Hidup Anak-Anak Nabi Muhammad SAW

Mengenal Nama dan Perjalanan Hidup Anak-Anak Nabi Muhammad SAW

Mengenal Nama dan Perjalanan Hidup Anak-Anak Nabi Muhammad SAW

Istimewa


Memiliki anak yang sholeh dan soleha adalah impian dari banyak orang tua kepada anak-anaknya, namun tidak semua anak akan memiliki keberuntungan untuk tetap hidup seperti itu. 

Seperti hal nya dengan anak-anak Nabi Muhammad SAW yang memiliki nama yang indah, dan cerita perjalanan hidup yang berbeda. 

Berikut nama-nama anak Nabi Muhammad SAW. 

1. Qasim 

Memiliki arti 'pemberi imbalan' Qasim adalah anak sulung dari Nabi Muhammad SAW dan Siti Khadijah. Namun sayangnya Qasim tak memiliki umur yang panjang dirinya wafat saat isinya 2 tahun dan dimakamkan di Jannatul Mu'alla Mekah. 

2. Zaenab 

Zaenab merupakan putri tertu Nabi Muhammad SAW dari pernikahannya bersama Siti Khadijah, Zaenab pernah menikah dengan laki-laki yang belum memeluk agama Islam yang bernama Abul Ash Al Rabi dan Mempunyai dua anak laki-laki yang diberi nama Ali dan Ummayah. Hingga akhirnya sang suami memeluk Agama Islam dan Zaenab menikah kembali dengan cara Islam. 

3. Ummu Kultsum

Ummu Kultsum adalah anak Nabi Muhammad yang menikah dengan Itaibah bin Abi Lahab, namun pernikahannya pun tak berjalan lama. 

Sampai akhirnya sudara Ummu Kultsum yakni Ruqayah meninggal dunia, dan suami , Usman bin Affan menikahi Ummu Kultsum pada bulan Rabi'ul Awal. 

Pada pernikahannya bersama Usman Bin Affan mereka bersama tanpa kehadiran sang anak, Ummi Kultsum pun meninggal pada bulan Sya'ban.

4. Abdullah

Abdullah merupakan anak kedua Nabi Muhammad SAW dan Khadijah, Abdullah pun tak memiliki hidup yang panjang ia mempunyai julukan yaitu Al-Quran Tayyib Al- Taahir. Abdullah wafat di tahun 615 M. 

5. Fatimah

Fatimah adalah anak Nabi Muhammad SAW dari Situ Khadijah. Fatimah sangat dikenal dengan sifatnya yang baik dan sifat mulianya. Memiliki nama panjang Fatimah Azahra yang memiliki arti "Fatimah yang selalu berseri".

Fatimah dilahirkan di Makkah, lima tahun sebelum Nabi Muhammad menerima wahyu pertama sebagai tanda kenabiannya. 

Fatimah pernah menikah dengan sepupunya, Ali bin Abi Thalib yang merupakan putra dari Abu Thalib dan dikaruniai  dua orang anak bernama Hassan dan Hussain.




bulansuciramadananaknamanamaislamanaknabimuhammadSAW

Share to: