7 Jenis Obat yang Enggak Membatalkan Puasa, Kalau Memang untuk Kesehatan Bisa Dipertimbangkan

7 Jenis Obat yang Enggak Membatalkan Puasa, Kalau Memang untuk Kesehatan Bisa Dipertimbangkan

Foto

Istimewa


Ada beberapa syarat sah puasa yang harus dilakukan agar puasa kita sah dan lancar, salah satunya yaitu tidak boleh makan dan minum dan tidak boleh memasukan sesuatu apapun kedalam mulut orang yang sedang puasa. 

Namun,bagaimana jika orang yang sakit dan harus rutin konsumsi obat? 

Eeiiitsss gak semuanya minum obat ataupun memasukan sesuatu ke mulut itu dilarang loh guys, ada beberapa obat yang boleh digunakan selama puasa. 

Lantas obat yang seperti apa saja? berikut obat-obat yang sah digunakan selama puasa. 

1. Obat yang Penggunaannya di Oles

Jika kamu sakit di bagian kulit dan harus menggunakan metode oles seperti salep untuk pengobatannya maka akan sah saja dan tidak akan membatalkan puasa mu. Obat oles pun banyak banyak bentuk dan jenisnya, ada yang berupa gel, krim, salep,minyak maupun plester. 

2. Obat yang Ditempatkan di Bawah Lidah 

Meski syarat sah puasa tidak boleh memasukan sesuatu kedalam mulut, namun jika untuk obat maka diperbolehkan tetapi hanya boleh ditempatkan dibawah lidah. Salah satunya jenis obat ini ialah nitrogliserin yang umum dikonsumsi penderita angin duduk. 

3. Obat yang Penggunaanya Ditetes

Sejauh ini, baru obat tetes mata saja yang diklaim nggak membatalkan puasa karena tak ada saluran yang jadi penghubung antara mata dan perut, melansir laman Liputan 6. Untuk obat tetes hidung dan telinga masih jadi perdebatan di antara ulama dan pakar kesehatan. Tapi, jika mengutip dari laman Islam NU, meneteskan obat ke dalam telinga dan hidung dapat membatalkan puasa, karena keduanya merupakan lubang terbuka melihat dari perkataan Imam Syafi’i.

4. Menyuntikan Obat ke Dalam Tubuh

Meski metode ini memasukan obat kedalam tubuh namun hal ini pun tidak membatalkan puasa, lain halnya jika kamu menyuntikkan nutrisi makanan lewat pembuluh darah melalui infus intravena. 

5. Obat yang Penggunaanya dikumur 

Obat kumur tidak membatalkan puasa mu, tetapi jika obat kumur yang kamu gunakan meninggalkan bau, kamu harus segera menteralkannya dengan berkumur pakai air bisa dan jangan sampai tertelan. 

6. Penggunaan Inhaler untuk sakit pernapasan

Inhaler sering digunakan oleh penderita asma untuk mengurangi gangguan saluran pernapasan.  Menurut pakar kesehatan, obat ini memang tak membatalkan puasa, tapi ada ulama yang berpendapat lain. Menurut mereka, inhaler terutama yang disemprotkan ke dalam mulut tetap bisa membatalkan puasa seseorang karena masuk ke lubang utama.

7. Menggunakan Oksigen dalam pemulihan kesehatan 

Meski selang oksigen ditempelkan pada hidung, hal ini tetap nggak akan membatalkan puasamu. Kecuali jika oksigen sudah dicampurkan dengan obat-obatan lain.




obatkonsumsiobatpuasasyaratsahpuasaramadanramadan2020

Share to: