7 Kuliner Khas Ramadan dari Seluruh Dunia, Nomor 4 Familiar Banget

7 Kuliner Khas Ramadan dari Seluruh Dunia, Nomor 4 Familiar Banget

7 Kuliner Khas Ramadan dari Seluruh Dunia, Nomor 4 Familiar Banget

Dahi vadey (Foto: thekitchn.com)


Bulan Ramadan menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Karena pada bulan ini ada banyak tradisi dan kegiatan yang hanya bisa dilakukan selama puasa Ramadan.

Selain itu ada juga beberapa menu masakan yang biasa kita jumpai saat bulan Ramadan. Di Indonesia sendiri, ketupat, opor dan kue-kue manis lainnya menjadi menu andalan saat di bulan Ramadan.

Tapi bukan hanya Indonesia, lho! Yuk intip menu khas Ramadan di seluruh dunia seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini!

1. Haleem

(Foto: ndtv.com)

Haleem adalah jenis sup yang sangat populer di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India. Meskipun hidangan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, sup ini secara opsional mencakup gandum atau jelai, daging, dan lentil. 

2. Dahi vadey

(Foto: thekitchn.com)

Dahi vadey, yang secara harfiah berarti potongan yogurt. Menu ini adalah gorengan berbahan dasar kacang goreng yang direndam dalam bumbu yogurt yang gurih. Gorengnya sedikit tajam dan sedikit asam, berkat yogurt. 

Dahi vadey mendapatkan panas dari rempah-rempah yang termasuk dalam adonan. Hidangan ini adalah bahan pokok klasik dari setiap acara buka puasa India Hyderbadi, dan sering disajukan dalam menu bukber bersama keluarga disana.

3. Chicken 65

(Foto: indianhealthyrecipes.com)

Masih dari India. Chicken 65 adalah resep makanan ringan yang mudah dibuat dan sangat populer dari India Selatan.

Menu ini disiapkan menggunakan ayam yang direndam dalam rempah-rempah dan dibumbui dengan saus tomat dan yoghurt. Ini adalah hidangan non-vegetarian yang renyah.

4. Ramazan Kebabi

(Foto: femalefirst.co.uk)

Hampir mirip dengan menu kebab yang ada di Indonesia, Ramazan Kebabi diterjemahkan sebagai 'kebab Ramadhan' dalam bahasa Turki. Kebab ini menggunakan resep daging panggang klasik.

5. Ful medames

(Foto: souschef.co.uk)

Ful medames adalah resep sarapan terkenal Mesir sejak abad keempat di mana kacang dipendam di atas bara lembut untuk memperlambat memasak. 'Medames' berarti dimakamkan di Mesir. 

Namun menu ini sekarang dinikmati di seluruh Timur Tengah, dari Sudan ke Suriah, Israel dan Yaman.

6. Paomo

(Foto: wikiwand.com)

Paomo adalah masakan khas Shaanxi dan merupakan makanan khas yang dimakan di kota Xi'an. Ini adalah rebusan panas dari roti ragi kukus cincang yang disebut 'Mo' dimasak dalam kaldu domba dan disajikan dengan daging domba.

7.  Chapati

(Foto: timesofindia.indiatimes.com)

Chapati adalah menu yang tidak dapat dihilangkan dari makanan khas India. Dibuat dengan gandum utuh, menu ini sehat dan dapat dipasangkan dengan apa pun mulai dari kari dan sayuran kering hingga daging sapi dan daging. 

Chapati memiliki banyak sekali daftar manfaat kesehatan yang ditawarkan dan diperkaya dengan nutrisi seperti vitamin (B1, B2, B3, B6, dan B9), zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. 




Menu Khas RamadanMenu RaadanRamadan 2020

Share to: