Wajib Tahu, Ini Doa Nabi Muhammad SAW di Malam Lailatul Qadar

Wajib Tahu, Ini Doa Nabi Muhammad SAW di Malam Lailatul Qadar

Wajib Tahu, Ini Doa Nabi Muhammad SAW di Malam Lailatul Qadar

Istimewa


Ramadan adalah bulan suci dan bulah berkah untuk para umat muslim, dalam bulan ramadan selalu ada keistimewaan yang berbeda dari hari-hari biasanya. 

Dan adanya malam lailatul qadar, malam yang dimana ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim. Setiap orang berharap agar bertemu dengan malam tersebut karena itu malam terbaik dari seribu bulan. Hanya saja Rasulullah SAW tidak menjelaskan secara pasti kapan terjadi lailatul qadar.

Dan tak ada satupun manusia yang mengetahui jatuhnya malam lailatul qadar pada bulan ramadan, dan para ulama pun beda berpendapat mengenai hal ini agar tujuan dari perahasiaan kedatangan malam ini agar umat muslim selalu beribadah dan memperbanyak amal saleh sembari bertemu lailatul qadar. 

anjurkan di malam lailatul qadar. Ia menjelaskan: روينا بالأسانيد الصحيحة في كتب الترمذي والنسائي وابن ماجه وغيرها عن عائشة رضي الله عنها قالتْ: قلتُ: يارسول اللَّه إن علمتُ ليلة القدر ما أقول فيها؟ قال: " قُولي: اللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنِّي قال أصحابَنا رحمهم الله: يُستحبّ أن يُكثِر فيها من هذا الدعاء، ويُستحبّ قراءةُ القرآن وسائر الأذكار والدعوات المستحبة في المواطن الشريفة.....قال الشافعي رحمه الله: أستحبّ أن يكون اجتهادُه في يومها كاجتهاده في ليلتها، هذا نصّه، ويستحبّ أن يُكثرَ فيها من الدعوات بمهمات المسلمين، فهذا شعار الصالحين وعباد الله العارفين.

Artinya, “Kami riwayatkan dari sanad yang shahih dalam kitab al-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain bahwa Aisyah pernah berkata, ‘Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatul qadar, apa yang bagus aku baca?’

Rasulullah menjawab, ‘Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).’

Disunahkan memperbanyak baca doa ini, baca Al-Qur’an, zikir, dan doa-doa yang disunahkan pada tempat atau waktu yang mulia…

Imam As-Syafi’I berkata, ‘Aku menyukai memperbanyak ibadah tersebut di siang hari sebagaimana di malam hari.’ Dianjurkan juga memperbanyak doa-doa yang penting bagi umat Islam. Ini tanda orang-orang saleh dan hamba Allah yang arif.”

Namun bagaimana jika kamu tak sadar dengan adanya malam lailatul qadar? dan apa bacaan yang harus diamalkan? 

Di antara amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak baca doa:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya, “Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.”

Dianjurkan juga memperbanyak baca Al-Qur’an, zikir, dan doa-doa yang bermanfaat untuk umat Islam.




ramadanbulan suci ramadanramadan 2020lailatul qadarmalam lailatul qadar

Share to: