8 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Khas Banget, Bikin Kangen Mudik!

8 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Khas Banget, Bikin Kangen Mudik!

8 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Khas Banget, Bikin Kangen Mudik!

Foto: Istimewa


Lebaran sebentar lagi! Umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut momen Idul Fitri.

Ada beberapa tradisi yang tak bisa dipisahkan dari Lebaran yang khas di Indoesia.

Apa saja? Yuk simak 8 tradisi lebaran di Indonesia yang bikin kamu kangem mudik!

1. Ketupat

Ketupat nampaknya menjadi hidangan wajib selama Lebaran. Hampir semua rumah pasti menyajikan kuliner khas ini dipadukan dengan opor ayam di hari raya Idul Fitri. 

2. Baju Baru

Hal yang paling di tunggu-tunggu saat lebaran adalah baju baru untuk berlebaran. Hal ini juga membuat ada banyak promo lebaran yang bertebaran diaman-mana.

3. Parcel Lebaran

Karena larangan mudik oleh pemerintah dan kesadaran kita sebagai warga negara yang baik, kamu harus tetap dirumah aja selama Ramadan.

Tapi gak usah sedih, kamu tetap bisa mempererat kasih sayang di hari istimewa ini dengan mengirim hampers Lebaran terbaik ke kampung halaman. 

4. Salam tempel

Ini adalah tradidi yang diincer para anak-anak di setiap Lebaran. "Salam tempel" adalah tradisi dimana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan akan membagi-bagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil

5. Takbiran

Takbiran adalah tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya yang berlangsung pada malam hari menjelang hari Lebaran dimana orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sembari menabuh beduk dengan meriah. Pawai takbiran ini sendiri bisa berbeda-beda di setiap daerah tergantung tradisi di daerah tersebut.

6. Petasan dan Kembang Api

Layaknya tahun baru, di malam menjelang lebaran kamu juga pasti mendengar suara dari kembang api menghiasi langit.

7. Ziarah atau Nyekar

Melakukan ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga dan leluhur adalah salah satu tradisi Lebaran yang juga kerap dilakukan masyarakat Indonesia di hari Lebaran. Umumnya ziarah kubur atau nyekar ini dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari pertama Lebaran.

8. Halal bihalal

Berkunjung kerumah keluarga saat Lebaran juga merupaka salah satu tradisi di Indonesia. Bisanya mereka berkumpul di satu rumah untuk merayakan indahnya Lebaran bersama.




Tradisi Lebaran di IndonesiaMudik

Share to: