Wajib Tahu Gaes! Ini 4 Tradisi Lebaran di Tanah Sunda

Wajib Tahu Gaes! Ini 4 Tradisi Lebaran di Tanah Sunda

Wajib Tahu Gaes! Ini 4 Tradisi Lebaran di Tanah Sunda

Tradisi lebaran tanah sunda


Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim, karena umat muslim di seluruh dunia telah melukak puasa di bulan Ramadan selama satu bulan penuh.

Pada hari ini juga umat muslim di seluruh dunia mempunyai cara tersendiri, seperti di Indonesia yang mempunyai cara masing-masing dengan adat kedaerahannya.

Nah salah satunya di tanah sunda gaes, dalam merayakan hari kemenangan inj mereka memiliki beberapa tradisi lho. Berikut beberapa kegiatan orang Sunda saat menginjak tanggal 1 Syawal.

1. Ngadulag

Foto: Istimewa

Ngadulag memiliki arti memukul bedug. Kegiatan ini dilakukan saat malam takbiran oleh anak kecil sampai remaja. Mereka berkeliling sambil memukul bedug untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

2. Nganteuran

Foto: Istimewa

Kegiatan ini merupakan tradisi silaturahmi sambil membawa makanan kepada tetangga terdekat pada Idul Fitri. Orang yang lebih muda akan datang ke rumah orang yang lebih tua sembari bersalam-salaman.

3. Sungkeman

Foto: Istimewa

Tradisi ini dilakukan dalam rangka bermaaf-maafan dengan anggota keluarga. Biasanya dilakukan setelah shalat Idul Fitri.

4. Nyekar

Foto: Istimewa

Nyekar berarti melakukan ziarah ke makam. Silaturahmi tidak hanya dilakukan dengan sanak keluarga yang masih ada, tetapi juga dengan orang-orang yang “sudah berpulang”.

Nah itu dia gaes beberapa tradisi orang sunda ketika lebaran.




Ramadan 2020LebaranTradisi Lebaran

Share to: