Waduh, Pencipta Lagu Aslinya Muncul, Gimana Nasib Kekeyi Yah Ges?

Waduh, Pencipta Lagu Aslinya Muncul, Gimana Nasib Kekeyi Yah Ges?

Waduh, Pencipta Lagu Aslinya Muncul, Gimana Nasib Kekeyi Yah Ges?

Pencipta lagu asli Kekeyi Muncul gaes


Nama Youtuber Kekeyi belum lama inj kembali menjadi perbincangan hangat publik lantaran ia kembali viral setelah menyanyikan single terbarunya yang berjudul 'Keke Bukan Boneka." 

Bahkan lagu tersebut juga menjadi trending pertama di youtube Indonesia lho. Namun, ternyata lagu yang di bawakan Kekeyi itu ada sebaris kalimat yang sama persis gaes dengan nada lagu 'Aku Bukan Boneka' yang di populerkan oleh Rinni Wulandari.

Setelah Rinni bereaksi atas dugaan plagiasi itu, kali ini giliran pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar yang memberikan tanggapannya gaes. 

Ia memaklumi tindakan yang dilakukan wanita yang memiliki nama lengkap Rahmawati Kekeyi Putri Cantika itu karena kurangnya informasi terkait hak cipta lagu.

"Saya akan memaklumi penyanyi ini karena bukan penyanyi yang sudah memiliki album dan sekian banyak single sebelumnya. Jadi mungkin dia tidak paham tentang karya cipta, hak kekayaan intelektual seseorang," kata Novi Umar di kanal YouTube miliknya pada Sabtu, 30 Mei 2020.

Novi Umar yakin bahwa banyak pihak yang terlibat dalam pembuatan dan publikasi lagu yang memiliki kemiripan dengan ciptaannya itu. Ia pun menyayangkan sikap pihak manajemen dan label yang menaungi Kekeyi yang seharusnya tahu mengenai hak cipta lagu tersebut.

"Itu juga salah satu bagian yang menjadi semacam racunnya di lagu Aku Bukan Boneka. Menurut saya sama saja dengan mungkin mengambil hak saya tanpa seizin saya," sambungnya.

Ia malah akan lebih menghargai ketika pihak Kekeyi terlebih dulu mengkomunikasikan hal ini kepada dirinya atau ke pihak label yang menaunginya, Sony Music Entertainment Indonesia. Novi  juga menyerahkan seluruhnya kepada Sony Music untuk menindaklanjuti atau tidak.

"Saya akan memasrahkan semua kepada mereka (Sony Music) karena memang pengelolaan lagu-lagu saya melalui Sony Music," kata Novi.

Dari pernyataannya ini, Novi Umar tidak ingin panjat sosial atau pansos terkait kasus ini. Ia hanya ingin mengingatkan kepada masyarakat untuk bisa menghargai karya orang lain.




KekeyiKeke Bukan BonekaYoutuberSelebgram

Share to: