Fenomena Blackout Tuesday Hingga Trendingnya BLM dan George Floyd, Berikut 6 Film Tentang Kehidupan Kulit Hitam dan Putih

Fenomena Blackout Tuesday Hingga Trendingnya BLM dan George Floyd, Berikut 6 Film Tentang Kehidupan Kulit Hitam dan Putih

Fenomena Blackout Tuesday Hingga Trendingnya BLM dan George Floyd, Berikut 6 Film Tentang Kehidupan Kulit Hitam dan Putih

Foto: Istimewa


Tagar #BlackLivesMatter dan #blackouttuesday terus disurakan oleh banyak orang dari semua kalangan.

Mereka menaikan tagar tersebut sebagai protes atas kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd di bawah lutut anggota polisi Minneapolis.

Meski begiru, "Black Lives Matter" atau BLM sudah ada sejak 2013 setelah George Zimmerman pelaku penembakan Travyon Martin, seorang pemuda berkulit hitam pada Februari 2012.

Kini tagar tersebut dinaikan kembali atas kematian warga kulit hitam oleh anggota kepolisian.

Namun, di balik fenomena yang belum berakhir sejak 25 Mei ini, ada beberapa film yang harus kamu ketahui tentang relasi anatara kulit hitam dan putih. Hal ini dituangkan dalam beberapa fil yang diproduksi oleh Hollywood.

Yuk simak ulasannya dan jangan lupa saksikan ya!

1. The Help (2011)

The Help adalah film drama sejarah Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Tate Taylor dan diproduseri oleh Chris Columbus, Michael Barnathan dan Brunson Green. 

Film ini menceritakan kejadian di tahun  1963 dimana Aibileen Clark (Viola Davis) adalah seorang pelayan Afrika-Amerika di Jackson, Mississippi, dan ia menceritakan kisah "kariernya" kepada penulis ambisius Eugenia "Skeeter" Phelan (Emma Stone). Skeeter merasa tidak nyaman dengan sikap rasis teman sosialitanya terhadap pelayan mereka.

2. 12 Years A Slave (2013)

12 Years a Slave adalah film drama sejarah epik Amerika Serikat-Britania Raya tahun 2013 yang diadaptasi dari memoar tahun 1853 berjudul sama. Ini menceritakan Solomon Northup, seorang negro merdeka kelahiran New York yang diculik di Washington, D.C. pada tahun 1841 dan dijual sebagai budak.

Sedangkan film ini menceritakan dua pemuda menawari Solomon Northup pekerjaan sebagai musisi di Amerika, ia langsung menerimanya. Tidak menyangka bahwa ia akan dijebak, disekap dan setelahnya dijual sebagai budak.

3. Get Out (2017)

Get Out adalah film horor misteri thriller Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Jordan Peele dan diproduseri oleh Jason Blum, Sean McKittrick, Edward H. Hamm Jr. dan Jordan Peele.

Film ini menceritakan tentang Chris, pria kulit hitam, mengunjungi orangtua kekasihnya kulit putihnya saat liburan akhir pekan. Meski keluarganya kelihatan wajar - rahasia mengerikan tersembunyi di balik dinding rumah mereka.

4. Black Panther (2018)

Siapa yang tak mengenal salah satu film Marvel ini.

Sebagai Raja baru dari Wakanda, T’Challa (Chadwick Boseman) masih bergumul mengenai perasaannya atas meninggalnya sang ayah, T’Chaka (John Kani). Namun ia kemudian memutuskan untuk meneruskan perjuangan sang ayah. Ketika Wakanda berada dalam ancaman dua musuh berbahaya yang dapat mengancam keselamatan negara, Black Panther berusaha membuktikan diri sebagai raja sejati Wakanda. Ia harus menggunakan kostum barunya serta kekuatannya untuk membela Wakanda dan negara lainnya.

5. Hidden Figures (2016)

Film ini mengisahkan perjuangan para matematikawan wanita jenius keturunan Afrika-Amerika yang memegang peran vital di dalam divisi awal program luar angkasa AS - NASA, di saat diskriminasi masih menjadi isu utama.

6. Green Book (2018)

Ketika Tony Lip (Mortensen), seorang penjaga dari lingkungan Italia-Amerika di Bronx, disewa untuk menjadi supir dari Dr. Don Shirley (Ali), pianis kulit hitam kelas dunia, dalam tur konser dari Manhattan ke Deep South, mereka harus bergantung pada "Buku Hijau" untuk membimbing mereka ke beberapa tempat yang aman pada saat itu bagi orang Afrika-Amerika. 

Dihadapkan dengan rasisme, bahaya , serta cerita kemanusiaan dan humor yang tak terduga ,mereka terpaksa mengesampingkan perbedaan untuk bertahan hidup dan dalam perjalanan.




Black Lives MatterBLM#blackouttuesday

Share to: