Millenial Wajib Tahu! Pengertian dan Cara Pakai Google Classroom

Millenial Wajib Tahu! Pengertian dan Cara Pakai Google Classroom

Millenial Wajib Tahu! Pengertian dan Cara Pakai Google Classroom

foto: istimewa


Tahukah kamu kalau belajar tak musti selalu berada dalam ruang kelas. Belajar juga bisa melalui aplikasi menarik. Salah satunya yaitu Google Classroom.

Aplikasi ini menjadi salah satu sarana untuk belajar mengajar secara online. Bukan cuma itu, Aplikasi ini juga bisa meningkatkan produktivitas murid dan guru meskipun dilakukan secara virtual.

Pasalnya, seorang guru bisa membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan bahkan melihat semuanya itu dalam satu aplikasi. Dengan begitu komunikasi belajar dan mengajar bisa lebih lancar. 

Untuk kamu yang belum tau, berikut adalah penjelasan mengenai Google Classrom, dari mulai pengertiannya sampai cara penggunaannya.

Pengertian

Google Classroom adalah aplikasi belajar dan mengajar. Semua orang yang usianya di atas 13 tahun bisa punya akun Google dan bisa langsung menggunakannya. 

Untuk menggunakannya, kamu cuma perlu mengunduh aplikasi Google Classroom ini di laptop, komputermu, atau ponselmu. Tenang aja! tak ada biaya yang harus kamu bayarkan untuk mengunduh aplikasi ini kok. 

Cara Penggunaannya

Langkah pertama, Kamu cukup membuat akun terlebih dahulu. Di situ, ada 3 pilihan, yaitu akun sekolah, akun Google pribadi, atau akun G suite (perusahaan).

Kemudian, kunjungi situs alamat di classroom.google.com lalu klik 'Buka Classroom'. Selanjutnya, masuk deh Google Classroom pakai Gmail.

Setelah itu, kalau ada pesan, kamu tinggal klik 'Terima'. Kalau kamu memakai akun G Suite untuk pendidikan, klik 'Saya Seorang Siswa' atau 'Saya Seorang Pengajar'. Lalu klik mulai. 

Di sini, pengajar bisa membuat kelas. Sedangkan, siswa cuma bisa bergabung dengan kelas yang dibuat oleh pengajar tadi.

Itu dia gaes penjelasan soal Google Classroom. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba!

 




UpdateGoogle ClassroomPengajarSiswaPerusahaan

Share to: