Bandara YIA Kulonprogo Viral, Tampilan Barunya Makin Megah dan Punya Miniatur Jalan Malioboro Lho

Bandara YIA Kulonprogo Viral, Tampilan Barunya Makin Megah dan Punya Miniatur Jalan Malioboro Lho

Foto

Yogyakarta International Airport (Foto: Instagram)


Yogyakarta International Airport atau disebut bandara YIA pada tanggal 29 Maret lalu telah resmi menggantikan bandara internasional Adi Sucipto. Kini bandara yang terletak di Temon, Kulonprogo ini jadi bandara utama keluar masuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keunggulan bandara YIA ini memiliki ciri khas budaya Jawa yang terlihat dari ornamen, arsitektur, dan juga karya seni yang dihiaskan di sana. Nah, ternyata ada mini ‘Jalan Malioboro’ juga lho di bandara YIA.

Di pintu keberangkatan yang terletak di lantai atas, terlihat Malioboro ala YIA lengkap dengan lampu khas Jogja dan bangku-bangkunya yang cantik

Karena lokasinya yang jauh dari kota Yogyakarta, Bandara YIA memang masih sangat sepi. Saat penerbangan dibuka kembali, bandara ini juga mulai didatangi pengunjung.

Ornamen-ornamen yang dibangun di bandara YIA memang terasa Yogya banget lho. Mulai dari gapura putih yang mirip di kraton dan Tamansari dan juga pedestrian Malioboro. Pintu kedatangan yang lantainya dibangun dengan material yang mirip dengan pedestrian Malioboro bikin seolah-olah kamu berada di ikon kota Jogja itu. Adanya lampu kota yang cantik dan bangku-bangku yang persis di Malioboro memang menambah manis miniatur tersebut.

Meskipun belum selesai semuanya, Bandara YIA ini ternyata sudah mencuri perhatian publik dan sempat dimanfaatkan selama pandemi untuk dijadikan tempat wisata.




Yogyakarta International Airport

Share to: