Gambar Dewi Hindu Trending di Twitter, Banyak Netizen Tulis Rahajeng Rahina Saraswati, Ini Artinya Gaes

Gambar Dewi Hindu Trending di Twitter, Banyak Netizen Tulis Rahajeng Rahina Saraswati, Ini Artinya Gaes

Foto

Foto: Dok. Istimewa


Kata Rahajeng Rahina Sarawati sempat trending topik di Twitter pada Sabtu 4 Juli 2020.  Selain itu, di jagat Twitter juga banyak netizen yang mengunggah gambar-gambar Dewi Saraswati. 

Sebelumnya, gak sedikit lhoh netizen yang bingung dengan kata itu, bahkan ada juga yang mengira kalau Rahajeng Rahina Sarawati adalah nama seorang publik figur. 

Jadi gaes, FYI aja nih buat yang masih bingung ama kata itu, Rahajeng Rahina Sarawati adalah salah satu hari besar dalam agama Hindu. Dalam catatan mereka juga menyebutkan Dewi Saraswati adalah dewi di agama umat Hindu yang diyakini melambangkan ilmu pengetahuan dan pemberi cahaya hidup manusia.

Dikutip dari laman Kebudayaan, Kemndikbud.go.id, Saraswati sendiri adalah sebuah nama suci untuk menyebutkan sosok Dewi Ilmu Pengetahuan. Secara epistimologi sendiri, Saraswati berasal dari kata “Saras” dan ”Wati”.

Kata ”Saras” yang juga berasal dari urat kata sansekerta ”sr” memiliki arti mata air, terus menerus atau sesuatu yang terus menerus mengalir. Sedangkan kata ”wati” berarti memiliki. Makna lengkap dari Saraswati adalah sesuatu yang memiliki atau mempunyai sifat mengalirkan secara terus menerus air kehidupan dan ilmu pengetahuan.

Bagi umat Hindu, hari raya Saraswati dikenal sebagai hari pemujaan turunnya ilmu pengetahuan. Hari raya ini dirayakan tiap 6 bulan (210 hari) sekali yaitu pada hari Sabtu umanis wuku Watugunung.Pada hari Saraswati umat Hindu memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati.




UpdateHinduBerita UpdateRahajeng Rahina Saraswati

Share to: