Penulis Buku Jakarta Undercover Ungkap Jenis Level Prostitusi Artis, Termasuk Hana Hanifah

Penulis Buku Jakarta Undercover Ungkap Jenis Level Prostitusi Artis, Termasuk Hana Hanifah

Penulis Buku Jakarta Undercover Ungkap Jenis Level Prostitusi Artis, Termasuk Hana Hanifah

Moammar Emka (Foto: dok. Istimewa)


Hana Hanifah yang sempat ditangkap kini sudah tersenyum. Dirinya sudah bisa mencium aroma segar kembali. 

Mengingat awal bagaimana Hana tertangkap, terungkap bahwa Hana Hanifah menerima uang sebesar Rp 20 juta. Polisi mengatakan uang tersebut ditransfer sebelum Hana Hanifah berangkat ke Medan.

"Jadi dia sebelum berangkat ke sini, dia sudah menerima transferan sejumlah Rp 20 juta," kata Kombes Riko Sunarko

Menanggapi fenomena tersebut, penulis buku "Jakarta Undercover", Moammar Emka mengaku tak terkejut.

Menurut Moammar Emka, praktik prostitusi di kalangan para artis bukan lagi suatu hal yang baru, Bahkan pria berusia 46 tahun ini menyebut ada beberapa kelas yang dibagi berdasarkan tarif tersebut.

"Menengah ke bawah (adalah) kelas C, (harganya) kurang dari Rp 50 juta, kelas menengah, secara banderol di atas Rp 50 juta," kata Moammar Emka

Emka juga mengatakan jika selebriti yang terjun ke dunia prostitusi tersebut merupakan seleb yang skuter atau kurang terkenal. 

"Dari beberapa kasus yang dulu-dulu sampai yang sekarang baru di Medan, ini kan ada satu benang merah yang menurut saya itu bisa menjadi semacam trigger. Bahwa kebanyakan yang kemudian menceburkan diri ke bisnis prostitusi online itu adalah selebritas yang kelasnya skuter. Selebriti yang kurang terkenal itu," ungkap Moammar Emka.

Dalam analisisnya, Emka menyebut bahwa kelas C dianggap kurang lihai dalam mengelola bisnis prostitusi online.

"Kenapa saya bilang dia menjadi kelasnya kelas C, karena memang secara modus transaksi juga masih memakai cara-cara lama. Kan ibaratnya ini bisnis undercover ya, masa masih pakai transfer bank." kata Emka

Emka menyebut, untuk kelas atas dalam prostitusi online, harga yang ditawarkan tidak bernilai. Bahkan bisa sampai miliaran rupiah. 

""Kelas atas itu tidak ada nominal pasti. Bisa ratusan hingga miliaran rupiah. Kalau kelas menengah kemudian ada beberapa banderol yang muncul, dari angka seratus atau dua ratus," ujar Moammar Emka.




Hana HanifahProstitusiKelas Prostitusiartisftvmoammar emka

Share to: