Video & Fakta Lengkap Anang & Ashanty Permalukan Kaum Disabilitas Rungu, Respon Netizen?

Video & Fakta Lengkap Anang & Ashanty Permalukan Kaum Disabilitas Rungu, Respon Netizen?

Video & Fakta Lengkap Anang & Ashanty Permalukan Kaum Disabilitas Rungu, Respon Netizen?

Anang dan Ashanty (Foto: Instagram)


Belum lama ini Anang dan Ashanty dituding melecehkan bahasa isyarat sebagai lelucon. Hal itu nampak dalam sebuah video yang diuggah keduanya dalam sosial media. Video tersebut dianggap mempermalukan kaum disabilitas rungu.

BACA JUGA: 7 Potret Keluarga Anang-Ashanty Liburan Naik Mobil Pick Up Ini Curi Perhatian Gaes

Melalui unggahan Story Instagram, @cbudidharma memaparkan bagaimana detail video yang dianggapnya melecehkan dan menghina kaum tuna rungu. Netizen pun ikut mencemooh Anang dan Ashanty karena hal tersebut.

"Cek Parah! Ashanty dan Aurel memalukan dirinya sendiri saat lomba 17an di YouTube. Ini tidak diperlukan dan ini sangat menghina kaum tuli," tulis @cbudidharma.

"Lucu boleh, tapi memperagakan bahasa isyarat? Anda seorang artis dan terkenal. Sikap anda akan mempengaruhi orang lain yang masih awam tentang ini (oh dia meragakan bahasa isyarat seperti ini berati nggak apa-apa?). Jika tidak mau disebut 'tuna isyarat' maka jangan merendahkan kaum tuli. Terima kasih sudah mendengarkan," tambah @cbudidharma. 

Tak lama setelah itu, Anang pun membuat sebuah video permintaan maaf sekaligus klarifikasi. Ternyata ada beberapa fakta lengkap Anang dan Ashanty yang dianggap permalukan kaum disabilitas rungu. Berikut adalah faktanya.

BACA JUGA: Anang Hermansyah Belum Ikhlas Aurel Nikah sama Atta Halilintar, Kenapa?

Video Permintaan Maaf Anang

Dalam sebuah video, Anang akhirnya meminta maaf kepada kaum tuli yang merasa dilecehkan olehnya saat momen 17an beberapa waktu lalu. Ia menggunakan bahasa isyarat dalam video tersebut. 

"Halo, nama saya Anang. Saya minta maaf. Terimakasih," ujar Anang sambil menggerakkan bibirnya mengucapkan permintaan maaf.

Klarifikasi Anang dan Ashanty

Anang dan Ashanty juga memaparkan klarifikasi fakta yang sebenarnya dari video tersebut. Mereka menngungkap bahwa sama sekali tak ada niatan untuk melecehkan bahasa isyarat dan kaum tuli. Adanya video itu membuat banyak persepsi yang salah terkait apa yang dilakukan Anang saat itu. 

"Sekali lagi kita menyampaikan permintaan maaf. Pertama, kita mungkin sedikit menjelaskan kenapa adanya video itu. Sebenarnya kami meminta maaf karena persepsi yang salah terjadi di publik, di temen-temen komunitas tuli. Tapi, kami ingin menyampaikan bahwa tidak begitu ceritanya. Bahwa tidak ada ingin menjelekkan atau merendahkan," jelas Ashanty.

Fakta Sebenarnya

Apa yang Anang lakukan saat itu bukan untuk merendahkan kaum tuli. Ia hanya menyindir Ashanty yang terlalu banyak omong, padahal sebelumnya sempat mengiraukan Anang. 

"Jadi, ceritanya itu video diedit adalah kita sedikit cekcok karena ketika mas Anang ngobrol ke kamera terus terus ngobrol, ngobrol sama saya ke kamera gak dengerin kerena waktu itu lagi lomba saya sibuk degan anak-anak. sibuk lomba jadi dia beberapa kali sampe "Hey! Aku lagi ngomong lho"," tutur Ashanty.

Ia juga menuturkan bahwa Anang sengaja membalasnya dengan isyarat ke kamera. Ia melakukannya karena sempat kesal kepada Ashanty yang justru bisa banyak ngomong di kamera.

"Nih cewek nyinyir banget nih banyak ngomong," ungkap Ashanty.

"Pusing gak usah didengerin gitu. Tapi dia ngga mau ngomong karena dia lagi kesel sama saya," tambahnya lagi.

BACA JUGA: 10 Fakta Mas Anang Kasih Kejutan dan Hadiah Mobil Mewah untuk Ashanty, Netizen Jangan Iri Ya




Klarifikasi Anang AshantyAnang Ashanty rendahkan kaum tuliAnang Ashanty minta maaf kepada kaum tuliAnang Ashanty viralAnang Ashanty klarifikasi

Share to: