Mengenal No Bra Day Hari Tanpa Beha Setiap 13 Oktober, Kurangi Resiko Kanker Gaes

Mengenal No Bra Day Hari Tanpa Beha Setiap 13 Oktober, Kurangi Resiko Kanker Gaes

Foto

Mengenal No Bra Day Hari Tanpa Beha Setiap 13 Oktober (Foto: instagram.com/nobradays)


Hari Tanpa Bra atau No Bra Day adalah peringatan yang selalu dirayakan setiap tanggal 13 Oktober. Yuk mengenal apa itu hari tanpa beha yang disebut-sebut mengurangi resiko terkena kanker payudara berikut ini!

Setiap 13 Oktober, para wanita diseluruh dunia didorong untuk tidak mengenakan bra sebagai sarana untuk mendorong kesadaran akan penyakit kanker payudara. 

Hari Tanpa Bra awalnya diperingati pada 9 Juli 2011, namun dalam tiga tahun telah dipindahkan ke hari ke-13 Bulan Kesadaran Kanker Payudara Nasional yakni Oktober. 

Tagar #NoBraDay yang naik setiap 13 Oktober

Gerakan ini juga digaungkan oleh para pengguna media sosial di seluruh dunia dengan menaikan tagar #NoBraDay.

Baca Juga: Trend Beauty TikTok Bahaya Buat Kesehatan Gaes, Ladies Wajib Tahu!

Pengguna di media sosial didorong untuk memposting menggunakan tagar tersebut untuk mempromosikan kesadaran akan gejala kanker payudara dan untuk mendorong kesetaraan gender. 

Beberapa pengguna di situs media sosial juga menganjurkan para wanita untuk memposting foto dirinya yang sedang tidak mengenakan bra. 

Sementara itu, beberapa wanita menganut No Bra Day sebagai pernyataan politik sementara yang lain lebih suka kenyamanan membuang apa yang mereka pandang sebagai pakaian yang membatasi dan tidak nyaman.

Sejarah No Bra Day

Asal-usul National No Bra Day dapat ditelusuri kembali ke dua hari dalam sejarah yakni pada 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011. 

Yang terakhir didirikan di Toronto, Kanada, tempat awalnya berjudul Hari BRA oleh Dr. Mitchell Brown. 

Baca Juga: 5 Film Bertema Kesehatan Mental, Wajib Nonton Siapa Tahu Relate Nih

Hari BRA atau BRA Day merupakan Rekonstruksi Payudara yakni sebuah acara belajar dan berbagi. Ini dirayakan untuk meningkatkan kesadaran bagi wanita yang menjalani mastektomi dan mendorong pemeriksaan diri. 

Pada bulan Juli di tahun yang sama, seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara, bersama dengan sebuah situs web untuk membantu mempromosikan terjadinya acara tersebut. 

Tiga tahun kemudian, dua hari bersejarah ini digabungkan dan didorong hingga 13 Oktober untuk dirayakan selama Bulan Kesadaran Kanker Payudara Nasional yakni pada 1 sampai dengan 31 Oktober.

Apa yang harus diakukan selama No Bra Day?

Gak harus mengunggah foto dirimu tanpa bra di sosial media, kamu bisa membagikan berbagai informasi tentang kanker payudara dengan tagar #NoBraDay.

Hari ini, Selasa, 13 Oktober 2020 tagar tersebut sudah mejeng di trending Twitter Indonesia sejak pagi tadi.

Yuk bagikan pengetahuanmu tentang pemeriksaan dini pencegahan kanker payudara di sosial media!




Mengenal No Bra DaySejarah No Bra DayBulan Kesadaran Kanker Payudara NasionalHari tanpa Bra#NoBraDay

Share to: