Arti dan makna SJW, Social Justice Warrior yang Hits di Sosmed Gaes

Arti dan makna SJW, Social Justice Warrior yang Hits di Sosmed Gaes

Arti dan makna SJW, Social Justice Warrior yang Hits di Sosmed Gaes

Arti dan makna SJW, Social Justice Warrior (Foto: Pixabay)


Apa itu SJW? Pasti kamu pernah bertanya-tanya saat menemukan beberapa orang di sosial media menggunakan kata tersebut, terutama di Twitter. Nah, berikut arti dari SJW atau Social Justice Warrior.

SJW merupakan singkatan dari Social Justice Warrior atau Pejuang Keadilan Sosial yang artinya adalah istilah untuk seseorang yang memperjuangkan keadilan secara progresif gaes.

Para SJW ini memperjuangkan hak-hak sosial secara nyata maupun melalui sosial media seperti feminisme, hak sipil, multikulturalisme dan banyak lagi.

Asal usul Social Justice Warrior

Dilansir dari berbagai sumber, kata-kata atau istilah "social justice" ini sudah ada sejak tahun 1842 lho gaes! Umumnya, istilah tersebut ditunjukkan kepada keadilan di tingkat masyarakat.

Baca Juga: Fakta Konspirasi Dibalik Segitiga Bermuda versi KUYOU Nih Gaes

Hingga akhirnya sekitar tahun 1990-an, istilah "social-justice warrior" lahir sebagai kata-kata pujian yang memiliki makna positif.  

Maknanya berubah menjadi negatif

Mungkin kamu baru dengar kata-kata SJW belakangan ini ketika beberapa orang berdebat di kolom komentar Twitter.

Saat kehilangan arah tentang pembahasan, seseorang akan mengecap lawan debatnya sebagai SJW.

Ya, sekarang kelihatannya kata-kata SJW malah menjadi ejekan ya gaes?

Bukan hal baru, makna negatif dari Social Justice Warrior ini sudah ada sejak tahun 2011 di Twitter lho!

Urban Dictionary menerbitkan istilah ini yang digunakan secara negatif. Mereka mengeluarkan istilah ini untuk lawan bicara yang  berbeda ideologi. 

Pendebat akan mengecap dan menuduh mereka sebagai SJW karena menyiratkan motif tersembunyi dari pendapatnya sebagai "mencari pembenaran diri" dan "bukan karena yakin dengan pandangan mereka."

Maraknya penggunaan kata SJW di Twitter saat ini

Sama dengan poin sebelumnya, sekarang SJW memiliki konotasi negatif bahkan menjadi kelompok yang dihindari oleh para pengguna Twitter lho.

Saat seseorang merasa bertentangan dengan sebuah tweet, pendapat dan jokes di Twitter, mereka akan disebut sebagai SJW. Mulai dari SJW binatang, anak, perempuan, kesetaraan gender LGBT bahkan sampai SJW asam lambung yang pernah viral belakangan ini.

Gak percaya? Coba simak Tweet dari @pldmrzq berikut ini  gaes.

Baik Tweet dan replay dalam cuitan ini adalah jokes ya gaes. 

Meski begitu, nampak sekali orang-orang langsung mengecap mereka yang disebut-sebut "sok keras" dengan SJW.

Kini, SJW gak lagi dilekatkan kepada mereka yang benar-benar memperjuangkan keadilan. Bahkan, menjadi candaan bagi banyak orang terutama di sosial media sebagai pejuang beberapa hal yang terkadang gak masuk akal.

Baca Juga: Viral, Apa Arti NNN yang Ramai di Twitter? Simak Disini Gaes

Nah, itu dia sejumlah fakta dan arti dari  SJW atau Social Justice Warrior. Untuk beberapa istilah lainnya yang gak kamu tahu, bisa baca di KUYOU.id atau Instagram @kiyou_id ya gaes!




Apa itu SJWArti SJWKepanjangan SJWSocial Justice WarriorArti Social Justice WarriorFakta Social Justice WarriorPejuang Keadilan Sosial

Share to: