Mengenal Gitanjali Rao, Gen Z 15 Tahun 'Kid of The Year' versi TIME Magazine Gaes!

Mengenal Gitanjali Rao, Gen Z 15 Tahun 'Kid of The Year' versi TIME Magazine Gaes!

Mengenal Gitanjali Rao, Gen Z 15 Tahun 'Kid of The Year' versi TIME Magazine Gaes!

Mengenal Gitanjali Rao, Gen Z 15 Tahun 'Kid of The Year' versi TIME Magazine Gaes! (Foto: Instagram @gitanjaliarao)


Gen Z bernama Gitanjali Rao muncul di TIME Magazine sebagai 'Kid of The Year'. Seperti apa sosoknya? Yuk mengenal Gitanjali Rao lebih dekat.

Nama Gitanjali Rao belum lama ini menjadi perhatian dunia. Gitanjali Rao adalah seorang penemu, penulis, ilmuan dan promotor STEM keturunan India-Ameria. Gen Z 15 tahun ini menjadi 'Kid of The Year' dan terpambang menjadi cover di TIME Magazine. 

BACA JUGA: Profil dan Fakta Najla Bisyir, Owner Bittersweet by Najla yang Kisanya Menginspirasi

Gitanjali Rao membuktikan kalau kesuksesan, inovasi science bukan cuma diraih oleh orang dewasa saja. Meskipun usianya masih sangat muda, Gitanjali Rao ia berhasil menciptakan beberapa penemuan hebat dan mampu menginspirasi orang banyak. 

Makin penasaran dengan sosoknya? Simak yuk fakta menarik Gitanjali Rao berikut ini. 

Menulis dan menerbitkan buku

Sejak usia mudanya, gadis yang lahir pada 19 November 2005 ini sudah menunjukkan kecerdasan dan minatnya di bidang sains. Ia menulis bukunya sendiri bertajuk 'Baby Brother Wonders' pada taun 2015 lalu. 

Pendidikan

Ia bersekolah di Highlands Ranch High School, Coloradi dengan kurikulum STEM. Ia ingin belajar genetika dan epidomologi di Massachusetts Institute of Technology. 

Selama menempuh pendidikan, ia juga aktif memberkan inspirasi bagi anak muda dengan membuat Innovation Session. Sesi ini dimulai dari presentasi dan rencana pembelajaran dan ditambang dengan laboraturium dan pertandingan, hingga akhirnya ia mampu berkolaborasi dengan sekolah di pinggiran,  para perempuan di organisasi STEM, museum di seluruh dunia dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: 8 Majalah Anak-anak yang Hits Eksis pada Masanya, Bikin Rindu Jaman Dulu

Penemuan

Pada 2017, gadis asal Denver ini berkolaborasi dengan seorang imuwan riset di 3M untuk mengembangkan alat pendeteksi kandungan timah dalam air bernama Tethys. Awalnya ia mendengar tetang krisis aid Flint saat menonton berita, ia kemudian tertarik untuk mengembangkan alat tersebut. Dari situlah ia berhasil memenangkan Discovery Education 3M Young Scientist Challange dan mendapat $25.000 untuk inovasinya, Tethys. 

Pada 2019, ia bekerja sama dengan Denver Water Facility dengan harapan bisa mendapat prototype untuk dua tahun ke depan.

Penghargaan

Pada usia Rao yang masih muda, ia berhasil mengumpulkan sederet penghargaan atas inovasi yang telah ia lakukan. Pada September 2018, ia berhasil mendapat penghargaan Pemuda Lingkungan dari Presiden Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. Kemudian pada 2019, ia berhasil mendapat penghargaan Pilar 'kesehatan' terbaik untuk TCS Ignite Inovation Student Challange. Yang terbaru, untuk pertama kalinya TIME Magazine menganugerahinya 'Kid of The Year' karena inovasinya dan inspirasi yang telah ia berikan kepada banyak anak muda. 

Seorang pianis

Perlu diketahui gaes, Rao juga merupakan pianis ulung. Menurut ibunya, saat Rao berusia tiga tahun, ia bertanya apa yang bisa ia lakukan untuk membantu orang yang sedang sakit, bermain musik adalah salah satu usulan. Dari situlah ia kemudian mencoba bermain piano. 

Nah itu dia gaes beberapa fakta menarik soal Gitanjali Rao, gen Z yang menjadi 'Kid Of The Year' versi TIME Magazine. 



Gitanjali RaoTIME MagazineKid of The Yearprofil Gitanjali Raomengenal Gitanjali Raofakta menarik Gitanjali Rao

Share to: