Fakta Viral Shopee Pakai Strategi Marketing Dating App untuk Gaet Customer Wanita, Penyebab #UninstallShopee

Fakta Viral Shopee Pakai Strategi Marketing Dating App untuk Gaet Customer Wanita, Penyebab #UninstallShopee

Fakta Viral Shopee Pakai Strategi Marketing Dating App untuk Gaet Customer Wanita, Penyebab #UninstallShopee

Kolase foto thread iklan dhopee tuai kecaman publik, trending #UninstallShopee (Foto: Twitter @jxnxt)


Baru-baru ini tagar #UninstallShopee merajai Trending di Twitter Tanah Air. Bukan tanpa alasan, ternyata iklan yang ditampilkan melalui akun Instagram Lame Turah menuai kecaman publik.

Seperti yang kita ketahui, berbagai cara e-commerce dilakukan untuk menarik perhatian pengguna. Belakangan ini, mereka bersaing dengan mengandalkan Brand ambassador terkenal seperti grup-grup K-POP mulai dari BTS, BlACKPINK hingga Stray Kids.

Sayangnya, baru-baru ini cara Shopee mengiklankan produknya dalam rangka Sale 2.2 menuai kritikan tajam dari netizen. Bukan karena BA yang dipilih, namun karena cara iklan melalui sosmed yang dinilai kurang pantas.

Shopee Membuat Iklan di Instagram Lambe Turah

Siapa sih yang gak tahu dengan Lambe Turah. akun gosip dengan 9,1 juta followers di Instagram ini memang selalu dinanti-nanti unggahannya.

Bukan hanya karena cepat mengabarkan gossip, akun yang biasa disingkat Lamtur ini juga seperti mata-mata yang mengetahui seluk beluk dunia pergosipan gaes.

Kini bukan hanya soal gosip, akun tersebut jua menerima endorse mengingat banyaknya orang yang tertarik dengan unggahanya. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Shopee membuat sebuah iklan di salah satu unggahan Instagram Lame Turah.

Sayangnya, iklan tersebut memiliki konsep yang cukup click bait. Mereka membuat seakan-akan ada seorang perempuan yang hendak membeberkan modus dating app untuk mencari korban perempuan.

"Yang lagi viral kemarin di dating apps, sekarang ada bukti dari korban yang lagi nihhh gaes," tulis Lambe Turah dalam unggahannya.

Terlihat seperti asli, Lambe Turah menyertakan tangkapan layar dari story Instagram @fianice.valencia yang mengatakan bahwa dia akan membongkar isi chat dari si pelaku.

Sayangnya, isi chat yang terlihat asli tersbeut malah menjurus ke sebuah video yang menampilkan iklan Shopee dalam amsa promo sale 2.2 gaes!

Netizen Kecam Isu Sensitif yang Digunakan Shopee untuk Beriklan

Dalam isi percakapan yang disebut-sebut sebagai bukti chat dari korban dan pelaku terlihat sangat menarik seakan-akan hal tersebut benar terjadi.

Iklan tersebut juga terdapat sebuah voice note dari pria yang disebut-sebut sebagai pelaku saat menggoda korban. Voice note tersebut meminta sang korban untuk membuka video mereka.

"Hai cantik, aku mau ngirim sesuatu. Yang selama itu lho. Pasti kamu penasaran kan?" kata suara pria dalam chat rekayasa tersebut.

Sayangnya, video yang dimaksud saat dibuka adalah iklan Shopee yang menampilkan iklan Shopee dalam masa promo sale 2.2 gaes!

Netizen Marah hingga Tagar #UninstallShopee Trending di Twitter

Karena unggahan tersebut, cuitan dari akun Twtter @jxnxt yang mengecam tindakan iklan Shopee ini pun menjadi viral. Cuitannya sudah dibagikan oleh lebih dari 9 ribu kali dan 16 ribu suka.

Netizen menyayangkan bagaimana Shopee menggunakan isu sensitif sebagai iklan yang menurut mereka sangat tidak pantas.

Sepeti yang kita ketahui, banyak korban pelecehan yang enggan menyuarakan tindakan pelaku karena takut atas cemooh orang lain. Mereka membutuhkan keberanian untuk bisa membongkar kelakuan pelaku pelecehan.

Sayangnya, Shopee dinilai menjadikan kasus tersebut sebagai bercandaan untuk iklan sale 2.2 mereka.

Nah, itu dia fakta-fakta iklan Shopee yang tuai kecaman hingga tagar #UninstallShopee merajai Trending di Twitter Tanah Air.




Iklan ShopeeStrategi Marketing Dating AppDating AppShopee Lambe TurahLambe Turah#UninstallShopeeTherad UninstallShopeeIklan Shopee Dikecam

Share to: