Arti Brevet Hiu Kencana Milik Pasukan Kapal Selam Indonesia yang Jadi Sorotan Gaes

Arti Brevet Hiu Kencana Milik Pasukan Kapal Selam Indonesia yang Jadi Sorotan Gaes

Arti Brevet Hiu Kencana Milik Pasukan Kapal Selam Indonesia yang Jadi Sorotan Gaes

Kolase Foto dan Arti Brevet Hiu Kencana Milik Pasukan Kapal Selam Indonesia (Foto: Berbagai sumber)


Hilangnya KRI Nanggala 402 bersama 53 awak kapal menjadi kabar tak menyenangkan beberapa waktu lalu. Brevet Hiu Kencana akan tersemat selamanya di dada mereka.

Brevet Hiu Kencana merupakan sebbuah lambang kehormatan bagi Satuan Kapal Selam TNI Angkatan Laut. Lalu bagaimana sih arti dan filosofi Brevet Hiu Kencana?

BACA JUGA: 5 Fakta Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402, Masih Belum Ditemukan

Berdasarkan penelusuran dari Situs TNI, penyematan Brevet Hiu Kencana ini berawal dari adanya kegiatan rutin pengangkatan warga kehormatan kapal selam pada tahun 1959.  

Tradisi penyematan Brevet Hiu Kencana 

Tradisi penyematan Brevet Hiu Kencana ini sudah ada sejak usia TNI AL baru 2 bulan. Untuk pertama kalinya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI AH Nasution dinobatkan sebagai warga kehormatan Kapal Selam. Pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan Brevet Hiu Kencana.

Untuk mendapatkan Brevet Hiu Kencana tentu tak mudah. Pasalnya, para awak harus melakukan penyelaman dan handal dalam pengoperasian kapal selam. 

Nggak berhenti sampai di situ aja, awak kapal juga harus bisa mendeteksi lawan maupun kawan menggunakan periskop.

Arti Brevet Hiu Kencana 

Brevet Hiu Kencana dilambangkan dengan kapal selam yang ada di antara dua ekor hiu yang berhadapan. 

Sementara itu terdapat periskop pada Brevet Hiu Kencana sebagai bentuk kewaspadaan awak kapal dalam setiap patroli dan mengarugi perairan Indonesia.

Selain itu, terdapat gambar tujuh gelombang yang diartikan sebagai jumlah 7 samudera dunia. Ada juga lima buah garis pada leher hiu yang melambangkan pancasila.

Secara umum, Brevet Hiu Kencana merupakan landasan falsafah hidup pancasila sebagai Prajurit Sapta Marga yang akan melaksanakan tugas dengan penuh keberanian dan ketabahan, serta mengemban tugas tersebut sampai titik darah penghabisan. 

BACA JUGA: Napas Terakhir Kapal Selam KRI Nanggala 402, Para Tokoh Doakan Lekas Ketemu

Itu dia gaes arti Brevet Hiu Kencana, yang bukan cuma pin bagi para awak kapal selam. Melainkan sebuah lambang perjuangan, dedikasi, dan semangat mereka dalam mengarungi seluruh perairan Indonesia.




Brevet Hiu KencanaArti Brevet Hiu KencanaFilosofi Brevet Hiu KencanaApa Brevet Hiu KencanaIstilah Brevet Hiu Kencanapenyematan Brevet Hiu Kencana

Share to: