Rilis Album 'Adulting For Dummies', Basboi Ceritakan Permasalahan Anak Muda yang Sedang Mencari Jati Diri

Rilis Album 'Adulting For Dummies', Basboi Ceritakan Permasalahan Anak Muda yang Sedang Mencari Jati Diri

Foto

Kolase Foto Basboi dalam album 'Adulting For Dummies' (Foto:


Musisi Hip Hop Basboi akhirnya merilis album bertajuk 'Adulting For Dummies' pada Jumat, 18 Juni 2021. Album ini merupakan album debutnya yang digarap sejak tahun 2020 lalu. 

Melalui album bertajuk 'Adulting For Dummies' ini, Basboi menceritakan beragam permasalahan yang sering dihadapi oleh anak muda saat mecari jati diri dan tumbuh dewasa. Dari mulai karir, keuangan, hubungan, prestasi dan masih banyak lagi. 

Musisi asal Bandung ini menggambarkan permasalahan yang ia hadapi tersebut dalam 10 lagu dalam album 'Adulting For Dummies'. Ia menghadirkan musik club-ish trap beat dengan aliran rapp yang ketat hingga perpaduan bossanova dan pop.

Uniknya, Basboi juga memberikan lagu dengan musik gospel klasik dalam salah satu lagunya bertajuk Bismillah. Musik dalam lagu tersebut terdengar seperti langsung dari gereja dan terdengar lebih catchy dengan lirik yang tak biasa. 

Album 'Adulting For Dummies'

Terdapat 10 lagu dalam album 'Adulting For Dummies'. Diantaranya adalah Happy Birthday, Make Me Doubt, 1 2 1, Make Me Proud, Grown Up, F.Y.I, Gem In I, Come Over, CHING, dan Bismillah. 

Basboi juga menggandeng beberapa produser dan musisi dalam album ini. Beberapa lagu dalam album ini diproduseri oleh Gilang Wisnandar, Panji Wisnu, Stanizter, Riza Rinanto dan masih banyak lagi. Ia juga berkolaborasi dengan Kamga Mo dalam lagu Bismillah. 

Sementara itu, ilustrasi album tersebut digarap oleh ilustrator asal Medan bernama Niken.

Lewat album ini, Basboi ingin lebih jujur dalam berkarya. Ia ingin mengungkap bahwa permasalahan anak muda saat akan tumbuh dewasa hanyalah permukaannya saja. Pada dasarnya semua itu tentang bagaimana kita memandang diri sendiri.

"Di album Adulting for Dummies ini bisa dibilang topiknya adalah aku ya batin ke dalem. Cuman, di akhir dari perjalanan pencarian aku, pencarian jati diri akhirnya gua nyadar," ungkap Basboi.

"Ada satu pertanyaan kan yang sering jadi dilema buat para musisi, 'gua bikin lagu yang gua suka atau masyarakat suka?' Ya akhirnya gua nemuin jawabannya kayak ya gue bikin lagu yang gue suka aja, kan gue masyarakat," kata Basboi. 

Hadirkan buku panduan

Seoalah memanjakan pendengarnya, Bas pun menghadirkan sebuah buku panduan berisi tracklist album 'Adulting For Dummies' dalam bentuk daftar isi. Buku itu juga memuat lirik dari setiap lagu dalam album tersebut. 

Lebih dewasa lewat lagu Bismillah

Album 'Adulting For Dummies' ditutup dengan lagu bertajuk 'Bismillah'. Lagu kolaborasi dengan Kamga ini sengaja dijadikan penutup oleh Basboi karena menurutnya setiap akhir pasti akan mengawali hal baru lagi. 

Karena itulah, setiap hal baru tersebut diawali dengan Bismillah sebagai doa dan harapan agar bisa berjalan baik dan lancar. 

Dengan mengusung musik bernuansa gospel dalam lagu Bismillah, rapper asal Bandung ini ingin lebih dewasa lagi dari beberapa lagu sebelumnya. 

"Awalnya pengen lagu terakhir itu karakter suaranya lebih dewasa dibanding yang lain. Karena kan kalo bisa didenger dari lagunya sebelumnya mood suaranya lebih childish," ungkap Basboi.  

"Nah pengen menutupnya itu albumnya dengan lagu yang terasa lebih dewasa. Karena kan judulnya pendewasaan, pengennya di lagu terakhir itu ada sedikit pendewasaan lah," tambah Basboi. 

Menurut Basboi, lagu Bismillah ini juga menjadi sebuah penanda bahwa musik Basboi ke depannya akan lebih dewasa lagi. 

"Kalau ditarik kan, si gospel itu salah satu rootnya HipHop juga, jadi kayaknya cocok lah buat lagu terakhir. Dan kayak jadi sebuah pertanda bahwasanya ke depannya musik Basboi ini akan lebih dewasa pastinya," ungkap Basboi. 




Adulting For DummiesBasboiBasboi - Adulting For DummiesAlbum Terbaru Adulting For DummiesAlbum Adulting For DummiesTentang Adulting For DummiesLagu dalam Adulting For DummiesBasboi rilis Album

Share to: