Ini Penjelasan dan Perbedaan Varian Baru Covid-19 Alpa, Beta, Hingga Delta yang Jarang Orang Tau Gaes

Ini Penjelasan dan Perbedaan Varian Baru Covid-19 Alpa, Beta, Hingga Delta yang Jarang Orang Tau Gaes

Ini Penjelasan dan Perbedaan Varian Baru Covid-19 Alpa, Beta, Hingga Delta yang Jarang Orang Tau Gaes

Ini penjelasan dan perbedaan Varian baru Covid-19 Alpa, Beta, hingga Delta yang jarang orang tau gaes (Foto: Twitter @locomidulcecoco)


Inilah penjelasan dan perbedaan Varian baru Covid-19 Alpa, Beta, hingga Delta yang jarang orang tau gaes.

Awalnya mula munculnya varian baru virus Covid-19 ini adalah adanya mutasi dari virus Corona. Mutasi ini berawal dari duplikasi yang virus Corona didalam sel tubuh manusia. Namun, duplikasi tersebut terkadang gagal dan malah terbentuk virus baru yang berbeda dari virus utamanya, hasil kegagalan duplikasi virus itulah yang disebut mutasi.

Ada beberapa varian baru virus Covid-19 hasil mutasi tersebut diantaranya adalah varian Alpa, Beta, Gamma, dan Delta. Dan semua varian tersebut mempunyai tingkat penularan dan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Sebelum masuk ke perbedaannya, kamu harus tahu dulu penjelasan dari masing-masing varian baru Covid-19 ini, berikut penjelasannya.

1. Varian Alpa

Covid-19 varian Alpa diketahui lebih cepat menular dan menyebar karena lebih mampu menembus sistem kekebalan tubuh manusia. 

Pada sejumlah kasus menunjukkan bahwa pasien Covid-19 yang terpapar varian Alpa bisa mengalami gejala yang lebih parah. Namun, pada orang yang telah menerima vaksin Covid-19, gejala infeksi virus Corona varian ini umumnya lebih ringan.

2. Varian Beta

Covid-19 varian Beta diketahui lebih mudah menular antarmanusia. Gejala infeksinya pun mirip dengan gejala infeksi virus Corona. 

penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa gejala infeksi varian Beta ini cenderung lebih ringan pada orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19.

3. Varian Gamma

Virus Covid-19 varian Gamma diketahui dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan varian lain, seperti varian Beta.

Hingga saat ini, efektivitas vaksin Covid-19 terhadap varian Gamma masih belum diketahui dengan jelas dan terus diteliti.

4. Varian Delta

Virus Covid-19 varian Delta diketahui paling mudah menular dan menyebar dengan cepat. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada dua kemungkinan alasannya, yaitu virus varian Delta lebih cepat berkembang biak dan lebih kuat melawan sel tubuh manusia.

Perbedaan Covid-19 Varian Baru: Alpa, Beta, Gamma, dan Delta

Kode VarianAwal Mula PenyebaranTingkat PenularanTingkat Keparahan
Varian AlpaB.1.1.7Inggris, September 202043–90%, lebih mudah menular dari virus Corona sebelumnyaLebih berpotensi menimbulkan gejala berat dan risiko
Varian BetaB.1.351Afrika Selatan, Mei 2020Belum diketahuiLebih berisiko menyebabkan Covid-19 gejala berat
Varian GammaP.1Brazil, November 2020Belum diketahuiCenderung kebal terhadap pengobatan Covid-19
Varian DeltaB.1.617.2India, Oktober 202030–100% lebih mudah menular dari varian Alpa

Potensi peningkatan risiko dibutuhkannya rawat inap hampir dua kali lipat dari varian Alpa

Nah gaes, inilah penjelasan dan perbedaan varian baru Covid-19 Alpa, beta, hingga Delta. Semua varian ini sama-sama berbahaya, dan memiliki tingkat terpapar dan keparahan yang berbeda-beda.




varian baru virus Covid-19AlpaBetaGammaDeltaVirus Covid-19 varian AlpaVirus Covid-19 varian BetaVirus Covid-19 varian GammaVirus Covid-19 varian DeltaPenjelasan varian baru Covid-19Perbedaan Covid-19 varian baru

Share to: