Fakta-fakta Bilal Bin Rabah, Manusia Pertama Kumandangkan Adzan Versi Nadia Omara

Fakta-fakta Bilal Bin Rabah, Manusia Pertama Kumandangkan Adzan Versi Nadia Omara

Fakta-fakta Bilal Bin Rabah, Manusia Pertama Kumandangkan Adzan Versi Nadia Omara

Fakta-fakta Bilal Bin Rabah, Manusia Pertama Kumandangkan Adzan (Foto: YouTube Nadia Omara)


Cari tau yuk fakta-fakta Bilal Bin Rabah, manusia pertama yang mengumandangkan adzan yang kali ini diungkap oleh Nadia Omara. 

Video yang dibagikan oleh Nadia Omara pada tanggal 17 Agustus 2021 mengisahkan tentang sosok Bilal Bin Rabah, manusia pertama yang mengumandangkan adzan di dunia ini gaes. 

Video berdurasi 18 menit tersebut kini sudah mendapat hampir 100 ribu viewers dengan 12 ribu lebih likes gaes. Ternyata banyak nih yang penasaran dengan sosok Bilal Bin Rabah. 

Sekedar informasi aja nih gaes, sosok Bilal Bin Rabah dikenal sebagai hamba sahaya atau budah milik Umayah bin Khalaf dari Bani Jumah, Makkah. Ia diangkat derajatnya menjadi sahabat Nabi Muhammad SAW. 

Siamk yuk fakta-fakta Bilal Bin Rabah selengkapnya yang diungkap oleh Nadia Omara berikut ini gaes. 

Asal Usul Bilal Bin Rabah

Bilal Bin Rabah lahir di daerah Habasyah atau sekarang Ethiopia sekitar 43 tahun sebelum hijrah. Bilal Bin Rabah lahir dari sepasang budak bernama Rabah dan Hamamah milik Umayah bin Khalaf. 

Bilal Bin Rabah digambarkan sebagai sosok yang memiliki perawanak tinggi, kurus, dengan warna kulit yang hitam, dan berambut lebat. 

Bilal Bin Rabah dibesarkan oleh ayah dan ibunya di Kota Mekkah. Saat sang ayah meninggal, Bilal Bin Rabah diwariskan kepada Umayah bin Khalaf. Saat menjadi budak, Bilal Bin Rabah kerap mendapat cerita soal Nabi Muhammad SAW. 

Ingin memeluk Islam 

Sejak saat itu, Bilal Bin Rabah berusaha dan yakin untuk menemui Nabi Muhammad SAW dan memeluk Islam. Ia pun akhirnya berhasil memeluk Islam dan menjadi kelompok pertama yang memeluk Islam.

Kabar soal keislaman Bilal Bin Rabah terdengar oleh seluruh negeri dan sampai ke telinga Umayah. Dari situlah, Bilal Bin Rabah disiksa oleh Umayah. Dari mulai diikat, dijemur, dicambuk, dan masih banyak lagi. 

Hal tersebut dilakukan oleh Umayah demi membuat Bilal Bin Rabah keluar dari Islam. Namun, Bilal Bin Rabah tetap berpendirian bahwa Tuhan itu esa dan satu. 

Dibeli oleh Abu Bakar Ash-Sidiq

Kabar soal Bilal Bin Rabah yang disiksa oleh tuannya terdengar hingga ke telinga Abu Bakar Ash-Siddiq. Akhirnya, Bilal Bin Rabah pun dibebaskan oleh Abu Bakar Ash-Siddiq dengan dibeli olehnya. 

Bilal Bin Rabah selalu mengikuti ke mana pun Rasulullah pergi. Dari mulai hijrah ke Madinah dan menyebarkan ajaran Islam. 

Menjadi muadzin pertama di dunia

Suaru hari, Rasulullah mensyariatkan untuk mengumandangkan azan sebelum shalat wajib. Nabi Muhammad lalu teringat sosok Bilal Bin Rabah yang meneriakkan ahad dengan merdu. 

Dari situlah Bilal Bin Rabah ditunjuk untuk mengumandangkan azan pertama kali di dunia ini. Suara merdu Bilal Bin Rabah berhasil membuat seluruh umat Islam bergetar. 

Nggak berhenti sampai di situ saja. Bilal Bin Rabah juga lah yang pertama kali mengumandangkan azan saat menaklukkan Mekkah. 

Nah itu dia sedikit fakta-fakta Bilal Bin Rabah, manusia pertama yang mengumandangkan azan di muka bumi ini gaes. Masih ingin lebih tau lagi sosok Bilal Bin Rabah? kamu bisa menonton video Nadia Omara berikut ini. 




Bilal Bin RabahAsal usul Bilal Bin RabahMuadzin pertama di duniaFakta fakta Bilal Bin RabahManusia pertama kumandangkan azanNadia Omara

Share to: